Thursday, May 25, 2017

Teknik Agar Tuang (Pour Plate) Pada Uji Mikrobiologi

AGAR TUANG (POUR PLATE)
Teknik ini memerlukan medium agar yang belum padat yang memiliki suhi sekitaran kurang lebih 45 derajat celcius untuk dituang bersama suspensi bakteri kedalam cawan petri lalu kemudian dihomogenkan dan dibiarkan memadat. 



Hal ini akan menyebarkan sel-sel bakteri tidak hanya pada permukaan agar saja melainkan seluruhnya terendam agar (didalam agar) sehingga terdapat sel yang tumbuh dipermukaan agar yang kaya akan O2  dan ada yang tumbuh didalam agar yang tidak banyak mengandung oksigen. Adapun prosedur kerja yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan cawan petri steril, tabung pengenceran yang akan ditanam dan media padat yang masih cair dengan suhu berkisar 45 derajat celcius.
  2. Teteskan 1 ml secara aseptis,suspensi kedalam cawan kosong.
  3. Tuangkan media yang masih cair ke cawan kemudian putar cawan untuk menghomogenkan suspensi bakteri dan media, kemudian diinkubasi didalam incubator.

Alasan diteteskannya bakteri sebanyak 0,1 ml untuk spread plate dan 1 ml untuk pour plate karena spread plate ditujukan untuk menumbuhkan dipermukaannya saja, sedangkan pour plate membutuhkan ruang yang lebih luas untuk penyebarannya sehingga diberikan lebih bayak dari pada spread plate


Nah itulah beberapa penjelasan singkat tentang teknik penuangan atau yang biasa kita sebut dengan media, Semoga saja apa yang saya berikan ke kalian dapat berguna untuk keperluan akademik kalian untuk kedepannya, jangan like materi ini atau sebarkan materi ini keteman-teman kalian melalui social media yang kalian miliki, dengan cara klik share dibawah artikel ini . Dan jika kalian ingin melihat materi lainyya seputar biologi dan mikrobiologi silahkan klik disini.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon