Sunday, May 28, 2017

Pengertian Larutan,Suspensi,dan Koloid

PENGGOLONGAN CAMPURAN
Campuran dapat berupa larutan,suspensi atau koloid nah untuk itu mari kita simak beberapa penggolangan dalam campuran itu sendiri.


LARUTAN
Larutan adalah campuran homogen . Suatu campuran dikatakan homogen jika antara komponennya tidak terdapat bidang batas sehingga tidak terbedakan lagi walaupun menggunakan mikroskop ultra. Selain itu campuran homogen mempunyai komposisi yang sama pada setiap bagiannya. Sebagai percobaan amatilah larutan gula dalam air. Gula tidak tampak  (tidak terbedakan) lagi bukan ? larutan dapat mencicipinya untuk membuktikan bahwa larutan itu mempunyai komposisi yang sama pada setiap bagiannya, Komponen larutan tidak dapat dipisahkan melalui penyaringan


Komponen larutan dibedakan atas pelarut dan zat terlarut . Biasanya komponen yang jumlahnya terbanyaklah yang dianggap sebagai pelarut. Misalnya sirup , yaitu campuran yang mengandung lebih banyak gula dari pada air, dianggap sebagai larutan gula dalam air.

Larutan dapat berupa padatan ,cairan,atau gas. Udara dan emas 22 karat juga tergolong larutan. Namun demikian pada pembahasan selanjutnya , kecuali dinyatakan lain , istilah larutan dimaksudkan untuk larutan suatu zat dalam air.

Larutan dibuat dengan mencampurkan zat terlarut dan pelarutnya. Proses pelarutan dipengaruhi oleh suhu,pengadukan, dan ukuran partikel zat terlarut . Proses pelarutan akan berlangsung lebih cepat jika disertai pemanasan,pengadukan, atau jika zat terlarut lebih halus.


SUSPENSI
Suspensi adalah campuran kasar dan tampak heterogen antarkomponennya masih terdapat bidang batas dan sering kali dapat dibedakan tampa menggunakan mikroskop. Istilah suspensi biasanya dimaksudkan untuk campuran heterogen dan suatu zat padat dalam zat cair. Suspensi tampak kaeruh dan tidak stabil. 


Zat tersuspensi lambat laun terpisah karena gravitasi (mengalami sedimentasi). Suspensi dapat dipisahkan melalui penyaringan. Contohnya ialah campuran terigu atau kapur dengan air.


KOLOID
Koloid adalah suatu bentuk campuran yang keadaanya terletak antara larutan dan supensi . Contohnya yaitu santan,air susu,air sabun,dan cat. 


Secara makrokopis koloid tampak homogen, tetapi jika diamati dengan mikroskop ultra akan tampak heterogen, masih dapat dibedakan atas komponennya. Koloid umumnya keruh tetapi stabil (tidak memisah). Campuran koloid tidak dapat disaring.


EmoticonEmoticon