Wednesday, May 31, 2017

Pengertian Kromatografi Dalam Ilmu Kimia

KROMATOGRAFI
Kromatografi Adalah Cara pemisahan dimana komponen-komponen yang akan dipisahakan didistribusikan antara fase,salah satunya merupakan fase stasioner (tetap), dan yang lainnya berupa fase mobil. Fase mobil dialirkan menembus atau sepanjang fase stasioner. Fase stasioner cenderung menahan komponen campuran,edangkan fase mobil cenderung menghanyutkannya. Berdasarkan perbedaan terikatnya sutu komponen pada fase stasioner dan perbedaan kelarutannya dalam fase mobil,komponen -komponen suatu campuran dapat dipisahkan . Komponen yang kurang larut dalam fase mobil yang lebih kuat terjerap (teradopsi) pada fase stasioner akan tertinggal ,sedangkan komponen yang lebih larut atau kuarang larut atau kurang terjerap akan bergerak lebih cepat.


Contoh kromatografi yang paling sederhana adalah kromatografi kertas yang dapat dibuat dari kertas saring biasa, bahkan dari kertas tisu. Kromatografi kertas dapat digunakan untuk memisahkan campuran zat warna gambar berikut menunjukan pemisahan zat warna dalam tinta dengan kromatografi kertas . 


Mula mula tinta ditotolkan pada salah satu ujung kertas saring kemudian bagian itu dicelupkan kedalam air . Ketika air merembes naik , tinta juga ikut terbawa atau terelusi . Komponen zat warna yang lebih mudah larut akan terbawa lebih cepat , sebaliknya komponen yang larut akan tertinggal . Dengan demikian campuran zat warna itu terpisah .


Kini dikenal berbagai jenis kromatografi. Perbedaan antara kromatografi yang satu dengan yang lain terletak pada jenis fase tetap dan dan fase bergeraknya. Fase tetap dapat berupa padatan atau cairan, sedangkan fase bergerak dapat berupa cairan atau gas. Penggolongan kromatografi didasarkan pada jenis fase bergeraknya . Jadi ada dua golongan utama kromatografi , yaitu kromatografi cair (jika fase geraknya berupa cairan) dan kromatografi gas (jika fase bergeraknya berupa gas). Kromatografi kertas yang dibahas diatas termasuk kromatografi gas (jika fase bergerak berupa gas). Kromatografi kertas yang dibahas diatas termasuk kromatografi cair-cair : Air dalam gelas berfungsisebagai fase bergerak, sedangkan fase tetapnya adalah air yang terjerap dalam kertas saring, Salah satu keunggulan kromatografi adalah kemampuannya memisahkan campuran kompleks, seperti minyak bumi yang merupakan campuran dari puluhan atau ratusan senyawa. Selain untuk pemisahan kromatografi juga digunakan untuk pengenalan (identifikasi).


Nah itulah sedikit penjelasan tentang kromatografi yang telah saya ketahui melalui beberapa materi yang saya terima di bangku pembelajaran SMK , jadi jika artikel ini berguna buat anda ataupun buat teman-teman anda jangan lupa untuk sebarkan artikel ini melalui social media kalian agar materi ini dapat dengan mudah anda temukan kembali.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon