Wednesday, May 3, 2017

Pengertian Ekonomi Teknik,ROC,ROI dan Tahapan-Tahapan Dalam Pengambilan Keputusan

EKONOMI TEKNIK
Ekonomi teknik (Engineering economy) adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan aspek-aspek ekonomi dalam teknik yang terdiri dari evaluasi sistematis dari biaya-biaya dan manfaat-manfaat usulan proyek-proyek teknik. 


Prinsip-prinsip dan metodologi ekonomi teknik merupakan bagian integral dari manajemen sehari-hari dan operasi perusahaan-perusahaan swasta dan koperasi, pengaturan utilitas publik yang diregulasi, badan-badan atau agen-agen pemerintah dan organisasi-organisasi nirlaba. Prinsip-prinsip ini dimanfaatkan untuk menganalisis pengunaan-penggunaan alternatif terhadap sumber daya uang, khususnya yang berhubungan dengan aset-aset fisik dan operasi suatu organisasi

ROC


Price rate of change atau yang biasa disebut ROC adalah sebuat indicator teknikal momentum yang berfungsi untuk mengukur presentase perubahan harga antara periode harga saat ini dan masa lalu.

ROI


ROI (Return On Investment) adalah salah satu bentuk dari rasio profitabilitas yang dimaksudkan dapat mengukur kemampuan perusahaan dengan keseluruhan dana yang ditanamkan dalam aktiva yang digunakan untuk operasinya perusahaan untuk menghasilkan keuntungan.

TAHAPAN-TAHAPAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN


  1. Menganalisis semua yang ada di dalam organisasi. Ini dilakukan agar anda sebagai pemimpin dapat mengambil keputusan yang tepat. Analisislah semua keputusan yang akan anda ambil, lihatlah risiko yang akan anda hadapi. Tidak ada yang salah dalam pengambilan keputusan, karena semua keputusan yang anda ambil merupakan bentuk kepedulian terhadap organisasi.
  2. Tenang dalam menghadapi masalah. Sebagai seorang pemimpin maka sikap tenang haruslah dibutuhkan agar dapat menyelesaikan semua masalah yang akan dihadapi dalam organisasi tersebut.
  3. Perumusan masalah dilakukan sebagai keputusan yang berupa masalah dalam berbagai bentuk. Untuk mempermudah anda sebagai pemimpin dalam mengambil keputusan maka sebagai pemimpin perlu melakukan beberapa cara dengan salah satunya dengan mengidentifikasi masalahnya terlebih dahulu dan mengkaji hubungan sebab akibatnya.
  4. Evaluasi alternatif merupakan pemilihan kriteria dalam pengambilan keputusan yang sangat tepat. Mengkriteriakan semua permasalahan akan menjadikan anda sebagai pemimpin mudah dalam mengevaluasi. Contoh : dalam pengambilan keputusan manajer harus bisa menggunakan mesin yang baru untuk operasi walaupun akan dikenakan biaya. Evaluasi sangat penting dilakukan agar risiko yang akan timbul dapat diambil alih.
  5. Pemilihan alternatif terbaik. Dalam melakukan alternatif sebagai pemimpin harus bisa membuat pilihan alternatif. Untuk membuat alternatif memang cukup sulit namun alternatif ini akan dilakukan jika solusi permasalahan yang akan dilakukan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Permasalahan keputusan sulit disajikan secara lengkap jika tidak ada kompromi antar berbagai faktor. Semua harus dipertimbangkan dengan baik dan teliti.
  6. Implementasi keputusan yang sangat penting bagi suatu organisasi. Implementasi memerlukan beberapa perubahan baik dari perilaku, sehingga dalam membuat keputusan berbagai karyawan yang melihat dari berbagai sudut pandang dapat menilai dengan baik.
  7. Evaluasi keputusan ini merupakan tahap penyelesaian dalam sebuah organisasi. Sebagai pemimpin anda harus dalam menilai setiap keputusan yang telah diambil agar pengurus selanjutnya dapat lebih baik lagi.
  8. Menerima semua keputusan. Semua pegawai organisasi wajib untuk menerima hasil yang telah disepakati bersama. Tidak ada perdebatan dan permusuhan yang akan dilakukan antar karyawan.



EmoticonEmoticon