Tuesday, May 30, 2017

Pengertian Distilasi Bertingkat Beserta Contohnya

DISTILASI BERTINGKAT
Untuk memisahkan dua jenis cairan yang sama-sama mudah menguap atau sulit dimurnikan hingga mencapai tingkat kemurnian tinggi dilakukan destilasi bertingkat. Destilasi bertingkat sebenarnya adalah suatu proses destilasi berulang-ulang . Proses berulang ini terjadi pada kolom fraksionasi. Kolom fraksionasi terdiri atas beberapa plat dimana pada setiap plat terjadi pengembunan. Uap yang naik keplat yang lebih tinggi lebih banyak mengandung cairan yang lebih volatil (atsiri = mudah menguap) sedangkan cairan yang kurang volatil lebih banyak dalam kondensat.


Contoh distilasi bertingkat adalah pemisahan campuran alkohol-air (lihat gambar berikut ini.


Titik didih alkohol adalah 78 derajat celcius dan titik didih air 100 derajat celcius. Titik didih campuran bergantung pada komposisinya. Campuran tersebut dipanaskan dalam labi didih pada suhu sekitar 78 derajat celcius alkohol mulai mendidih, tetapi sebagian air juga ikut menguap. Oleh karena itu alkohol lebih mudah menguap , kadar alkohol dalam uap lebih tinggi dari pada alkohol dalam campuran semula.


Ketika mencapai kolom fraksionisasi, uap mengembun dan memanaskan kolom tersebut. Setelah satu kolom mencapai 78 derajat celcius, alkohol tidak lagi mengembun sehingga uap yang mengandung lebih banyak alkohol naik ke kolom diatasnya, sedangkan sebagian air turun kedalam labu didih. Proses seperti itu berulang beberapa kali (bergantung pada banyaknya plat dalam kolom), sehingga akhirnya diperoleh alkohol yang lebih murni . Jika termometer menunjukkan kenaikan suhu berarti sebagian besar alkohol telah diuapkan dan distilasi dihentikan. Contoh lain dari distilasi bertingkat adalah pemurnian minyak bumi, yaitu memisahkan gas,bensin,minyak tanah dan sebagainya dari minyak mentah.


Nah itulah beberapa penjelasan distilasi yang saya ketahui dan telah saya berikan kepada anda lengkap dengan contonya. Mudah-mudahan apa yang saya berikan ini berguna untuk keperluan akademik kalian. Jika anda ingi melihat materi lainnya silahkan klik disini 
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon