Tuesday, May 23, 2017

Pengertian Difusi Dan Osmosis Dalam Ilmu Biologi

DIFUSI
Difusi adalah penyebaran molekul zat dari konsentrasi (kerapatan) tinggi ke konsentrasi rendah tanpa menggunakan energi. Secara spontan , molekul zat dapat berdifusi hingga dicapai kerapatan yang sama dalam suatu ruangan. Sebagai contoh, setetes parfum akan menyebar ke seluruh ruangan (difusi gas didalam medium udara),molekul dari sesendok gula akan menyebar keseluruh volume air di gelas meskipun tanpa diaduk (difusi zat padat didalam medium air), hingga kerapatan zat tersebut merata .



Molekul atau zat dapat mengalami difusi keluar masuk sel, dari kerapatan tinggi ke kerapatan nol atau rendah. Dengan demikian zat tersebut dapat "diangkut" keluar masuk sel tanpa mengeluarkan energi. Hal yang demikian tentu sangat menguntungkan sel.

OSMOSIS
Osmosis adalah perpindahan ion/molekul dari kerapatan rendah dengan melewati suatu membran. Osmosis dapat didefenisikan sebagai difusi lewat membran. ion-iondan zat-zat apakah yang dapat melewati membran sel? dan ion-ion serta zat-zat apa sajakah yang tidak dapat melewati membran sel itu?



Berikut sedikit wacana tentang zat apa sajakah yang tidak dapat melewati membran :

  1. Zat yang dapat melewati membran, membran sel dapat dilewati zat-zat tertentu yang larut dalam lemak, zat-zat yang tidak bermuatan (netral), molekul-molkul asam amino, asam lemak,gliserol,gula sederhana,dan air. Zat-zat yang merupakan elektrolit lemah lebih cepat melewati membran dari pada elektrolit kuat.
  2. Zat yang tidak dapat melewati membran, Membran tidak dapat dilewati zat-zat gula,pati,polisakarida,protein, dan zat-zat yang mudah larut dalam pelarut organik, Membran bersifat impermeabel terhadap zat-zat tersebut.

Nah itulah sedikit tentang pengertian osmosis dan difusi yang saya ketahui, jika kalian ingin melihat materi lainnya silahkan anda klik disini. Dana terima kasih juga saya ucapkan kepada pembaca karena telah berkunjung ke web sederhana saya ini, semoga saja apa yang saya berikan dapat membantu keperluan akademik kalian.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon