Monday, May 15, 2017

Langkah-Langkah Menyetarakan Persamaan Redoks Menggunakan Cara Bilangan Oksidasi Dan Cara Setengah Reaksi (Ion Elektron)

LANGKAH-LANGKAH MENYETARAKAN PERSAMAAN REDOKS
Persamaan reaksi kimia merupakan pernyataan tertulis dari pereaksi dan zat hasil dalam suatu reaksi kimia . Untuk menyatakan kondisi yang sebenarnya dari suatu reaksi kimia, maka persamaan reaksi kimia tersebut harus setara. Oleh karena itu kita harus membuat suatu persamaan kimia yang tidak setara menjadi setara.




MENYETARAKAN PERSAMAAN REDOKS MENGGUNAKAN CARA BILANGAN OKSIDASI
Untuk Menyetarakan persamaan redoks dengan cara menggunakan persamaan bilangan oksidasi, kita dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Tentukan unsur yang mengalami perubahan oksidasi.
  2. Cobalah untuk menyetarakan unsur yang mengalami perubahan bilangan oksidasi dengan memberikan koefesien yang sesuai.
  3. Tentukan total kenaikan bilangan oksidasi reduktor dan total bilangan oksidasi oksidator. Total perubahan bilangan oksidasi = jumlah atom yang terlibat dikalikan dengan perubahan bilangan oksidasinya.
  4. Setarakan total perubahan bilangan oksidasi tersebut dengan memberikan koefesien reaksi yang sesuai.
  5. Setarakan muatan dengan menambahkan ion H plus (dalam suasana asam) atau ion OH minus (dalam suasana basa).
  6. Setarakan atom H dengan menambahkan H2O.

MENYETARAKAN PERSAMAAN REDOKS MENGGUNAKAN CARA SETENGAH REAKSI (ION-ELEKTRON)
Untuk menyetarakan persamaan redoks dengan menggunakan cara setengah reaksi, kita dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Tuliskan kerangka dasar setengah reaksi oksidasi dan reduksi. Kerangka reaksi dasar reaksi tersebut terdiri dari rumus senyawa yang dioksidasi dan direduksi, tetapi atom-atom dan elektron-elektronya belum disetarakan.
  2. Setarakan semua atom selain H dan O.
  3. Setarakan atom-atom oksigen dengan menambahkan molekul H2O dimana diperlukan.
  4. Setarakan atom-atom hidrogen dengan menambahkan ion H plus dimana diperlukan.
  5. Setarakan muatan dengan menambahkan elektron,e.
  6. Jika jumlah elektron yang hilang dalam setengah reaksi oksidasi tidak sama dengan jumlah elektron yang diperoleh dalam setengah reaksi reduksi, maka kalikan satu atau kedua setengah reaksi tersebut dengan semua bilangan yang membuat jumlah elektron yang diperoleh sama dengan jumlah elektron yang hilang.
  7. Jumlahkan kedua reaksi tersebut seperti halnya kedua reaksi tersebut merupakan persamaan matematika.Elektron-elektron akan saling menghilangkan. Jika terdapat rumus yang sama pada ruas yang berlawanan dari setengah reaksi tersebut maka, dapat saling menghilangkan. Jika rumus yang sama terdapat pada ruas yang sama dari kedua setengah reaksi tersebut, maka jumlahkan keduanya.
  8. Periksa untuk meyakinkan bahwa atom-atom dan muatan setara.

Nah itulah langkah-langkah dalam penyetaraan reaksi yang saya ketahui jika materi ini bermanfaat silahkan anda sebarkan ke teman-teman anda melalui social media yang kalian miliki.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon