Wednesday, May 17, 2017

Jenis Kesadahan Air Serta Keuntungan Dan Kerugian Air Sadah

JENIS KESADAHAN AIR
Kesadahan air dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kesadahan sementara dan kesadahan tetap. Kesadahan sementara adalah kesadahan air yang dihasilkan karena adanya senyawa-senyawa bikarbonat dan karbonat dari kalsium dan magnesium dan kesadahan sementara ini dapat dihilangkan dengan mendidihkan air tersebut.


Sementara itu kesadahan tetap disebabkan oleh senyawa-senyawa non-karbonat kalsium dan magnesium , tetapi disebabkan oleh garam-garam kedua unsur tersebut. Cara untuk melunakkan kesadahan tetap antara lain dapat dilakukan dengan menambahkan natrium karbonat untuk mendapatkan ion-ion kalsium dan magnesium dalam air sadah tersebut dan filtrasi (penyaringan) melalui zeolit  (seperti pemutit) yang menyerap ion-ion logam penghasil kesadahan dan melepaskan ion-ion natrium kedalam air. Natrium dalam zeloit mengganti ion-ion yang tidak diiginkan dalam air. Ketika zeolit tersebut jenuh dengan ion-ion ini , maka zeolit ini dicuci dengan larutan garam yang mengisi ulangnatrium. Cara filtrasi untuk melunakkan kesadahan tetap ini juga disebut dengan cara penukaran ion.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN AIR SADAH
Air sadah memberikan beberapa keuntungan dan kerugian pada kita. Pada dasarnya, beberapa keuntungan yang diberikan oleh air sadah tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Mempunyai rasa yang lebih baik dari pada air lunak.
  2. Relatif aman dari senyawa-senyawa timbal karena senyawa-senyawa terebut tidak larut dalam air sadah.
  3. Menyediakan kalsium yang penting untuk pembentukan tulang dan gigi .

Sementara itu, beberapa kerugian dari air sadah antara lain sebagai berikut :
  1. Dapat membentuk kerak pada ketel (ceret), pipa air dan pipa radiator, sehingga kerak tersebut dapat mengurangi panas yang diberikan ketika ketel (ceret) tersebut digunakan dan kerak ini dapat menyumbat aliran air melalui pipa air dan pipa radiator.
  2. Dapat menimbulkan scum, yaitu lapisan yang sangat tipis pada permukaan cairan yang dapat menggumpalkan sabun, sehingga sabun sukar berbusa. Dengan demikian, air sadah tidak baik untuk mencuci karena dapat memboroskan sabun dan menimbulkan noda pada pakaian.

Nah itulah beberapa teori yang bisa saya sampaikan seputar Kesadahan Air yang telah saya terima dan langsung menyebarkannya, jika materi kali ini berguna silahkan anda sebarkan melalui akun media social kalian.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon