Friday, May 12, 2017

Cara Membuat Kertas Karton Secara Sederhana

CARA MEMBUAT KERTAS KARTON
Kertas karton merupakan bahan yang banyak diperlukan oleh masyarakat didalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik untuk keperluan pembungkus bahan makanan, hasil industri non-pangan, tempat menulis dan sebagainya. Dengan demikian kertas ini dibuat dengan berbagai macam ukuran,kualitas dan warna oleh pabrik atau perusahaan. Meskipun ada bermacam-macam tidak jauh berbeda bahkan pada dasarnya sama.



Semua proses pembuatan kertas menggunakan bahan baku selulosa, yang mempunyai rumus kimia (C5H10O5) dimana x mempunyai harga bulat kurang lebih 300. Sellulosa ini dapat diperoleh dari berbagai jenis kayu baik itu kayu lunak (softwood) maupun kayu kertas (hardwood) pada umumnya kayu mempunyai komponen-komponen sebagai berikut :

JENIS KOMPONEN
HARD WOOD %
SOFT WOOD %
Selulosa
56
58
Lignin
23
26
Pentosa
18
7
Getah,damar,minyak
2
8
Abu
1
1

Dengan memperhatikan komponen-komponen yang terkandung dalam kayu dan dari komponen itu senyawa lignin tidak diperlukan dalam pembuatan kertas, maka antara lignin dan selulosa dapat dipisahkan dengan merendam dalam larutan NaOH 2 M selama 12 jam. Larutan NaOH ini mempunyai kemampuan untuk mendektruksi komponen penyusun kayu (selulosa.lignin dan lain-lain). Perendaman ini juga dapat sambil dipanaskan dengan maksud mempercepat reaksipemisahan selulosanya.

Semakin tinggi persentase selulosa akan dihasilkan kertas yang semakin tinggi kualitasnya . Untuk meperoleh kualitas kertas yang baik di pabrik sering diberikan cat tambahan berupa zat pemutih, perekat, zat pengawet dan sebagainya.



Pembuatan kertas secara tradisional dapat dilakukan dengan terlebih dahulu memotong-motong merang kemudian direndam didalam air kapur (CaOH + H2O) selama 2-3 hari. Kemudian diikuti dengan pencucian dan penggilingan hingga terbentuk bubuk kertas . Kertas ini selanjutnya diletakkan diatas kain blacu dan dikeringkan dibawah sinar matahari . Sudah tentu proses seperti ini akan dihasilkan kertas yang kualitasnya masih kurang baik . Berdasarkan Hal itu maka perusahaan-perusahaan berusaha untuk memperbaikinya dengan memberikan bahan-bahan tambahan dan penyempurnaan prosesnya.

Alat-Alat Yang Diperlukan :
  1. Gelas ukur
  2. Batang Pengaduk
  3. Saringan Porselin
  4. Kasa Asbes
  5. Kompor
  6. Lumpeng Porselin
  7. Kain blacu
  8. Cetakan Karton
Bahan-Bahan Yang Diperlukan :
  • Merang 50 gram
  • Larutan NaOH 4 M 500 ml
  • Kanji secukupnya
Cara Kerja :
  1. Timbang merang sebanyak 50 gram dan dipotong kacil-kecil ukuran 0,5 - 1,0 cm. dan masukkan kedalam erlenmeyer 1.000 ml.
  2. Tambahkan larutan NaOH 4M sebanyak 500ml dan panaskan hingga mendidih selama 2 jam, sambil diaduk.
  3. Jagalah volume NaOH agar tetap selama pemanasan yaitu dengan cara menambahkan larutan NaOH 4M secukupnya.
  4. Saring dengan menggunakan saringan porselin sambil dicuci dengan air , hingga warna hitam hilang dan sampai bebas NaOH.
  5. Tumbuklah bubur kertas ini , agar didapat ukuran yang lebih halus. Selama proses penumbukan dapat ditambahkan air dan kanji secukupnya.
  6. Hamparkan bubur kertas tersebut di atas kain blacu , sambil diratakan dengan pengaduk bergulir hingga mencapai ketebalan sesuai dengan yang dikehendaki.
  7. Jemurlah dibawah sinar matahari hingga terbentuk kertas karton.
  8. Amati : elastisitas,warna,kehalusan permukaan, dan kekuatan sobeknya.

Data Pengamatan :


Nah bagaimana jika materi tentang pembuatan kertas karton ini berguna silahkan anda sebarkan ke teman-teman anda melalui jejaring social yang kalian punya. Semoga saja materi ini dapat membantu keperluan akademik kalian
----Selamat Praktek----



EmoticonEmoticon