Saturday, May 6, 2017

Cara Membuat Essen Sintetis

CARA MEMBUAT ESSEN SINTETIS
Essence dapat diperoleh dengan jalan mengekstraksi bahan-bahan di alam misalnya, essen vanili yang dapat diperoleh dengan mengekstraksi biji vanili dengan alkohol dan hasil yang diperoleh adalah ekstrak vanili.



Essen juga dapat dibuat secara sintetis. Essen sintetis ini lebih banyak digunakan dalam bahan makanan sebab harganya lebih murah. Pada hakekatnya pembuatan essen sintetis adalah proses esterifikasi. Pada pembuatan essen sintetis esterfikasi terjdi antara asam-asam karboksilat dengan alkohol yang dibantu oleh adanya asam. Asam berfungsi sebagai katalisator , jenis asam yang banyak digunakan adalah asam sulfat dan asam klorida. Reaksi sertifikasi dapat terjadi sebagai berikut :


Aroma yang diberikan oleh ester yang terbentuk tergantung pada asam karboksilat dan alkohol pembentuknya . Misalnya ester asetat mempunyai aroma apel, etil-laktat mempunyai aroma anggur. Disamping itu kadang-kadang persenyawaan ester yang berbeda dapat memberikan aroma yang sama, Misalnya amyl asetat dan amyl butirat sama-sama memberikan aroma pisang. Apabila kedalam ester yang terjadi ditambahkan alkohol yang lain maka akan tetrjadi inesterifikasi dan terbentuk ester baru. Essen hasil proses esterfikasi ini masih perlu dimurnikan dengan jalan memisahkannys dari bahan-bahan lain misalnya sisa asam karboksilat , sisa alkohol, sisa katalisator dan air yang dihasilkan . Pemisahan tersebut dapat dilakukan dengan berdasarkan perbedaan berat jenis atau dengan destilasi vacum.


Bahan-Bahan Yang Diperlukan :

  • asam-asam karboksilat (asetat,butirat,formiat dll)
  • alkohol (etil alkohol, butyl-alkohol,amyl-alkohol)
  • Asam sulfat 6 N
Alat-Alat Yang Diperlukan :
  • labu leher tiga
  • water bath
  • pengaduk listrik
  • pendingin balik
  • gelas ukur
  • corong pemisah
  • destilasi vacum
Cara Kerja Pembuatan Essen :
  1. Siapkan peralatan yang akan digunakan dengan memasang pendingin balik dan pengaduk listrik pada labu berleher tiga.
  2. Masukkan labu berleher tiga kedalam water bath
  3. Masukkan asam karboksilat yang akan dilesterifikasi, panaskan sampai suhu tertentu (volume asam = 300 ml 96%).
  4. Masukkan alkohol dan asam sulfat 6N (alkohol = 175 ml 95% asam sulfat 15 ml).
  5. Esterifikasi dilakukan selama 1,5 jam.
  6. Dinginkan, pindahkan cairan kedalam corong pemisah, pisahkan ester yang terbentuk dari bagian yang lain.
  7. Amati : volume essence,bau,warna,dan suhu esterifikasi.
Data Pengamatan :

Nah itulah cara membuat essen yang saya ketahui jika artikel ini bermanfaat silahkan anda bagikan ke teman-teman anda, mudah-mudah artikel ini berfanfaat dalam keperluan akademik kalian.
----Selamat Praktek----



EmoticonEmoticon