Wednesday, May 24, 2017

Cara Membuat Cat Tembok Sendiri Sesuai Selera

CARA MEMBUAT CAT TEMBOK
Sebelum banyak terjual cat tembok dengan berbagai merek dan warna ditoko-toko, Maka orang biasa mengecat tembok rumahnya dengan kapur putih  warnanya. Dewasa ini warna putih dari kapur sudah tidak banyak digemari oleh orang-orang, lebih-lebih bagi orang-orang yang berekonomi kuat mereka biasanya menggunakan cat tembok dengan warna menurut seleranya.




Cat tembok yang baik, memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah menempel pada baju atau pakaian, orang yang bersandar pada tembok yang di cat. Dalam pembuatan cat tembok yang bermutu baik diperlukan beberapa bahan tambahan selain kapur :

  1. Tepung Terigu, tepung terigu ini dilarutkan dalam air dingin kemudian dipanaskan sampai terjadi gelatinisasi sehingga dapat  menambah kekentalan dan mudahnya dioleskan pada tembok.
  2. Lem Kayu, lem kayu ini berperan untuk memperkuat daya rekat antara campuran bahan yang diberikan terhadap tembok, serta untuk mencegah menempelnya campuran bahan cat padat baju orang yang bersandar ditembok.
  3. Minyak Terpantin, minyak ini bertujuan untuk memberikan bau yang spesifik bau terpentin, serta sebagai zat pengawat tepung terigu dari pertumbuhan jamur/bakteri.

Alat Yang Diperlukan :
  1. Beaker glass (gelas piala)
  2. Batang pengaduk
  3. Timbangan
  4. Gelas ukur
  5. Kuas

Bahan Yang Digunakan :
  • 100 gram bubuk kalsium karbonat CaCO
  • 250 ml air (biasa)
  • 20 gram tepung terigu
  • 250 ml air (dingin)
  • 38 ml lem kayu encer
  • 38 ml terpantin
  • Zat pewarna (sesuai selera)
  • Sedikit pewangi jika perlu

Cara Kerja Pembuatan Cat Tembok :
  1. Timbanglah 100 gram bubuk kalsium karbonat CaCO dan masukkan ke dalam beker (gelas piala) 500 ml dan air sebanyak 250 ml dan aduklah hingga rata.
  2. Timbang 20 gram tepung terigu dan masukkan kedalam 250 ml air dingin, aduk hingga rata dankemudian panaskan hingga berbentuk glatinisasi (seperti adonan bubur).
  3. Masukkan kedalam bubur terigu ini sebanyak 38 ml lem kayu encer dan 38 ml terpentin. Aduklah campuran ini dengan cepat hingga rata.
  4. Campurkan adonan kedalam terigu ini dengan adonan kalsium karbonat di atas dan aduklah hingga rata.
  5. Tambahkan zat pewarna secukupnya sesuai dengan warna yang dikehendaki dan aduklah hingga rata.
  6. Amati : warna,kekentalan,dan sifat olesan ditembok.
  7. Jika ingin bau yang lebih baik dapat ditambahkan bahan pewangi kedalamnya.
Data Pengamatan :

NO
PENGAMATAN CAT TEMBOK
BERAT
WARNA
KEKENTALAN
SIFAT OLESAN DITEMBOK
1




2




3




4




5






Nah itulah prosedur kerja dari pembuatan cat tembok secara sederhana yang telah saya tuliskan ke kalian, semoga saja artikel yang saya bagikan ke kalian ini menjadi salah satu materi yang berguna untuk keperluan akademik kalian.Jika kalian ingin melihat materi seputar laboratorium lainya silahkan anda klik Disini 100% gratis super super geratis,
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon