Monday, May 22, 2017

Bentuk Kromosom Dalam Teori Biologi

BENTUK KROMOSOM
Satu benang kromsom terdiri dari lengan kromosom dan sentrometer atau kinetokori, Sentrometer berbentuk bulat dan tidak mengandung DNA. Letak sentometer pada kromosom membedakan jenis kromosom. Berdasarkan letak sentometer, kromosom dibedakan menjadi :



  1. Metasentrik : sentometer terletak ditengah, membagi lengan kromosom menjadi dua lengan yang hampir sama.
  2. Submetasentrik : sentometer membagi lengan kromosom menjadi dua lengan yang tidak sama panjang. SAtu lengan panjang dan satu lengan pendek.
  3. Akrosentrik : sentrometer terletak didekat ujung kromosom.
  4. Telosentrik : sentrometer terletak di ujung kromosom.


Letak Sentometer yang bermacam-macam menyebabkan bentuk kromosom bermacam-macam pula, seperti contoh berikut ini :
  • Kromosom menyerupai huruf I. Bentuk kromosom demikian hanya memiliki satu lengan dan sentromer terletak diujung kromosom.
  • Kromosom menyerupai huruf L. Kromosom ini lengan salah satunya lebih panjang dari yang lain.
  • Kromosom menyerupai huruf V. Kromosom ini mempunyai lengan saama panjang dengan sentometer di tengah.
Fungsi sentometer adalah untuk pergerakan kromosom dari daerah ekutor ke kutub masing-masing pada waktu mitosis. Pada lengan kromosom terdapat struktur seperti manik-manik yang tersusun rapat. Struktur tersebut disebut kromomer yang terdiri dari protein histon dan DNA. Diduga, DNA didalam kromomer inilah yang memiliki fungsi genetika dalam kromosom.


Nah itulah beberapa arahan atau sedikit pengenalan tentang Nentuk kromosom besarta letak senromernya yang mampu menyebabkan bentuk kromosom menjadi berbeda-beda. Jika kalian ingin melihan materi lainnya silahkan klik daftar isi yang ada di bagian atas web ini atau anda bisa klik disini.
----Selamat Mencatat----



EmoticonEmoticon