Tuesday, May 2, 2017

Alasan Kenapa Tabung Durham Digunakan Dalam Pengujian MPN (Most Probable Number)

ALASAN KENAPA TABUNG DURHAM DIGUNAKAN DALAM PENGUJIAN MPN (MOST PROBABLE NUMBER)
Halo sahabat analis,, kemarin salah satu siswa dari www.labsmk.com. mengajukan pertanyaan seputar laboratorium tepatnya di pengujian MPN (Most probable number) atau yang biasa kita sebut dengan kata most probality number yaitu dalam artian indonesia adalah angka paling mungkin. baik dalam pertanyaan tersebut sahabat kita menanyakan tentang kegunaan dari TABUNG DURHAM pada pengujian tersebut. Baik dari pertanyaan tersebut saya akan berusaha memberikan jawaban sesuai apa yang admin ketahui. Tapi sebelum itu simak dulu apa itu MPN?


The most probable number metode, atau dikenal sebagai metode Poisson nol, adalah metode untuk mendapatkan data kuantitatif konsentrasi item diskrit dari positif / negatif (kejadian) data.

Ada banyak entitas diskrit yang mudah dideteksi tapi sulit dihitung. Apapun reaksi amplifikasi atau katalis reaksi melenyapkan kuantifikasi mudah tetapi memungkinkan kehadiran terdeteksi sangat sensitif. Contoh umum meliputi pertumbuhan mikroorganisme , tindakan enzim , atau kimia katalitik. Metode MPN melibatkan pengambilan solusi atau sampel asli, dan membaginya berdasarkan urutan besarnya (seringkali 10 × atau 2 ×), dan menilai ada tidaknya / di beberapa subdivisi.

Kelemahan utama metode MPN adalah kebutuhan akan sejumlah besar replikasi pada pengenceran yang tepat untuk mempersempit interval kepercayaan. Namun, ini adalah metode yang sangat penting untuk dihitung bila urutan besarnya tidak diketahui secara apriori dan pengambilan sampel tentu merusak.



Dari penjelasan diatas dapat saya simpulkan bahwa metode dalam pengujian MPN ada banyak entitas diskrit yang meliputi pertumbuhan mikroorganisme yang melibatkan pengambilan solusi pada sampel asli dan membaginya berdasarkan urutan, 

nah itulah sedikit tentang apa itu MPN, Ok lanjut ke pokok utama, dalam pengujian MPN alat yang paling penting untuk digunakan adalah TABUNG DURHAM, nah berikut adalah beberapa penjelasan penting tentang alat ini :

Tabung durham yaitu tabung yang memiliki bentuk yang sama dengan tabung reaksi tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding tabung reaksi. Berfungsi untuk menampung hasil fermentasi mikroorganisme berupa gas. 

Dari fungsi yang telah di singgung dalam penjelasan diatas ada 3 hal utama yang menjadikan pengujian MPN kita mendapat keterangan positif atau negatifnya sampel yang kita uji , diantaranya adalah :

  1. Terciptanya gelembung atau gas pada tabung durham (Faktor penentu utama positif) yang digunakan sebagai indikator yang dianjurkan
  2. Terbentuknya Endapan (Digunakan jika tidak tercipta gas pada tabung durham) mengacu kepada perubahan media tumbuh.
  3. Terjadinya perubahan warna pada media tumbuh (Lactose Broth) mengacu kepada perubahan media tumbuh.
Nah itulah 3 alasan tentang kenapa tabung durham digunakan pada saat pengujian MPN (Most Probable Number) yang saya ketahui jika artikel ini bermanfaat silahkan anda bagikan keteman-teman kalian . sebagai bentuk terima kasih pembaca kepada penulis silahkan anda klik kategori materi lainnya dibawah ini.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon