Thursday, May 18, 2017

4 Struktur Protein Yang Wajib Diketahui

STRUKTUR PROTEIN
Asam amino saling berikatan satu sama lain dengan ikatan peptida untuk membentuk protein. Protein terbentuk oleh salah satu atau beberapa rantai peptida. Ikatan Peptida ini terbentuk diantara gugus karboksil dengan gugus amini dari asam amino tetangga dengan melepaskan sebuah molekul H2O, sehingga terbentuk dipeptida. Karena dipeptida mempunyai gugus karboksil dan gugus amino, maka dipeptida tersebut juga dapat mengikat asam amino lainnya dan membentuk tripeptida dan seterusnya (polipeptida).



Setiap protein terdiri dari satu atau lebih rantai peptida, Akibatnya terdapat empat struktur protein, yaitu sebagai berikut :

  1. Struktur Primer, yaitu struktur protein yang rantai polipeptidanya berbentuk linear.
  2. Struktur Sekunder, yaitu struktur protein yang rantai polipeptidanya mempunyai pola teratur, misalnya pola memilih (menggulung). Dua jenis struktur sekunder yang paling terkenal adalah alfa heliks dan kertas berlipat.
  3. Struktur Tersier, yaitu struktur protein yang rantai polipeptidanya bengkok atau bergulung (berpilin), sehingga membentuk struktur tidak dimensi bulat (globular)
  4. Struktur Kuartener, yaitu struktur protein yang berkaitan dengan kenyataan bahwa beberapa protein dapat terdiri lebih dari satu rantai polipeptida. Setiap rantai polipeptida dapat merupakan polipeptida yang sama atau yang berbeda.

Nah itulah 4 (empat) struktur protein yang telah saya terima dari sebuah sumber perkuliahan dan saya tuliskan kembali kedalam blog ini, semoga saja materi ini dapat juga membantu keperluan akademik kalian untuk kedepannya, jika kalian ingin mendapatkan materi lainnya silahkan anda menjadi pelanggan blog ini, terima kasih.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon