Thursday, April 20, 2017

Sinar-Sinar Dalam Unsur Radioaktif

SINAR-SINAR DALAM UNSUR RADIOAKTIF
Peristiwa-peristiwa radioaktivitas yang ditemukan oleh Becquerel, Merie Curie,Pierre Curie,Ernest Rutherford dan Fedrick Soddy pada dasarnya merupakan peristiwa hancurnya inti atom secara spontan dengan memancarkan partikel alfa dan partikel beta atau radiasi elektromagnetik yang berupa sinar-X dan sinar gamma.


Radiasi yang dipancarkan oleh sebuah atom unsur radioaktif seperti partikel alfa,partikel beta,dan sinar gamma, biasanya disebut sebagai sinar radioaktif. Dalam hal ini , sinar-sinar radioaktif yang dipancarkan oleh inti atom yang tidak stabil mempunyai karakteristik yang berbeda.Berikut adalah beberapa penjelasan tentang unsur radioaktif :



1.Partikel Alfa
Partikel alfa merupakan partikel yang terdiri dari dua buah neutron dan dua buah proton yang sama dengan inti helium dan dipancarkan dalam satu peristiwa radioaktif. Partikel alfa dapat bergerak dengan cepat, karena mempunyai energi yang besar. Berikut ini data-data penting tentang partikel alfa.


  • Partikel alfa mempunyai massa 4 sma.
  • Partikel alfa merupakan partikel bermuatan positif yang muatannya adalah +2 sehingga dapat dibelokkan oleh medan listrik dan medan magnet.
  • Partikel alfa mempunyai kemampuan menembus bahan-bahan dan mengionisasi zat-zat yang dilaluinya. Daya tembus partikel alfa lebih kecil dari pada daya tembus partikel beta dan sinar gamma, tetapi daya ionisasinya lebih besar dari pada daya ionisasi partikel beta dan sinar gamma.
2.Partikel Beta
Partikel beta merupakan elektron yang berkecepatan tinggi yang dipancarkan oleh inti atom dalam proses peluruhan radioaktif. Berikut ini adalah data-data penting tentang partikel beta.
  • Partikel beta tidak mempunyai massa.
  • Sebuah partikel beta merupakan partikel bermuatan negatif yang muatannya,-1 sehingga dapat dibelokkan oleh medan listrik dan medan magnet.
  • Partikel beta mempunyai kemampuan menembus bahan-bahan dan mengionisasi zat-zat yang dilaluinya. Daya tembus partikel beta 100 kali lebih besar dari pada partikel alfa tetapi lebih kecil dari sinar gamma, dan daya ionisasi partikel lebih beta lebih kecil dari pada daya ionisasi partikel alfa, tetapi lebih besar dari sinar gamma.
3.Sinar Gamma
Sinar gamma merupakan salah satu sinar radioaktif yang berupa radiasi gelombang elektromagnetik berenergi tinggi. Berikut adalah data-data penting tentang sinar gamma.


  • Sinar gamma tidak mempunyai massa dan muatan . Oleh karena, sinar gamma tidak dibelokkan oleh medan listrik dan medan magnet.
  • Sinar gamma juga mempunyai kamampuan menembus bahan-bahan dan mengionisasi zat-zat yang dilaluinya. Daya tembus sinar gamma merupakan yang terkuat diantara sinar-sinar radioaktif lainnya, sedangkan daya ionisasi sinar gamma merupakan yang terlemah diantara sinar-sinar radioaktif lainnya.
4.Partikel-Partikel Elementer Lain Dalam Proses Radioaktif
Selain partikel alfa ,partikel beta,dan sinar gamma, dalam suatu proses radioaktif juga terlibat partikel-partikel elementer berikut.


  • Proton, yaitu partikel elementer stabil bermuatan positif stabil yang merupakan komponen semua inti atom. Proton mempunyai massa 1 sma , muatan +1, daya tembus yang setara dengan daya tembus partikel beta,
  • Neutron, yaitu partikel elementer netral yang merupakan komponen semua inti atom,. Neutron mempunyai massa 1 sma, tidak bermuatan, daya tembus yang tidak lebih kuat dari daya tembus proton.
  • Positron, yaitu partikel elemeneter yang serupa dengan partikel beta tetapi berlawanan muatan listrik. Positon mempunyai muatan +1, daya tembus yang setara dengan partikel beta.

Nah itulah sedikit materi pengenalan tentang sinar dalan unsur radioaktif, semoga saja materi kali ini dapat menambah pengetahuan anda dan memberikan sedikit catatan buat kalian demi kepentingan akademik bersama.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon