Thursday, April 27, 2017

Sifat-sifat Istimewa Monosakarida

SIFAT-SIFAT ISTIMEWA MONOSAKARIDA
Pada dasarnya semua monosakarida dapat larut dengan baik didalam air untuk membentuk larutan yang bersifat optik aktif yang dapat memutar bidang cahaya terpolarisasi dalam arah yang berlawanan ketika cahaya tersebut dilewatkan melalui larutan. Sifat monosakarida dalam memutar bidang cahaya terpopulerasi tersebut disebabkan karena keberadaaan senyawa khiral . dlam hal ini, atom C asimetris yang terdapat pada monosakarida berperan dalam pembentukan senyawa khiral.


Senyawa-senyawa khiral mempunyai isomer-isomer optik yang jumlahnya bergantung pada jumlah atom C asemetrisnya. Jika jumlah atom yang C asimetris pada suatu senyawa khiral adalan h, maka jumlah isomer optik senyawa tersebut adalah  2n
Sebagai contoh   , Perhatikan isomer-isomer optik senyawa khiral merupakan monosakarida kelompok triosa pada gambar dibawah ini :



Secara fisis, D-gliseraldehid akan memutar bidang cahaya terpolarisasi ke kanan, sedangkan L-gliserildehid akan memutar bidang cahaya terpolarisasi kekiri. Berdasarkan hal ini, kita dapat menyimpulkan bahwa senyawa khiral terdiri dari dua buah senyawa yang saling berpasangan satu sama lain, di mana salah satunya merupakan bayangan cermin dari yang lain

Isomer-isomer optik monosakarida dapat berupa beberapa jenis senyawa, yaitu :

  1. Enantiomer, yaitu dua buah senyawa dimana salah satunya merupakan bayangan cermin dari yang lain. Ketika salah satu dari senyawa tersebut diputar 180 derajat Celcius maka keduanya akan berhimpit satu sama lain.
  2. Diastreomer, yaitu dua buah senyawa dimana bagian tertentu dari salah satu senyawa tersebut merupakan bayangan cermin dari bagian tertentu dari senyawa yang lain, tetapi bagian yang lainnya bukan merupakan bayangan cerminnya.
  3. Senyawa resemat, yaitu dua buah senyawa yang mempunyai rumus dan struktur yang sama serta bersifat optik aktif, tetapi jika keduanya dicampurkan masing-masing 50% maka campuran yang dihasilkan tidak bersifat optik aktif.
  4. senyawa meso, yaitu senyawa yang mempunyai atom-atom C asimetris tetapi tidak bersifat optik aktif. Hal ini karena, senyawa-senyawa tersebut mempuyai bidang simetri. Selain bersifat optik aktif , monosakarida juga mempunyai sifat istimewa lainnya yaitu monosakarida merupakan reduktor yang baik dalam bentuk aldosa maupun katosa. Oleh karena itu larutan monosakarida dapat bereaksi dengan pereaksi Fehling Benedict, dan Tollens.

Nah itulah beberapa sifat-sifat monosakarida yang saya ketahui , jika artikel ini bermanfaat buat anda silahkan anda sebarkan keteman-teman anda dan juga semoga artikel kali ini dapat membantu keperluan akademik kalian.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon