Saturday, April 8, 2017

Persentase Struktur Atom dan Sistem Periodik

STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK
Halo sahabat analis kali ini saya akan memberikan lagi materi yang telah saya dapatkan dipertemuan kuliah saya yang lalu . mudah-mudahan artikel kali ini bisa membantu anda dalam menyelesaikan beberapa tugas kuliah. nah di akhir postingan ini saya juga telah menampilkan slide power point yang bisa jadi referensi buat kalian untuk melakukan persentase di kelas, namun sebelum melihat slide tersebut mungkin kalian baiknya menyimak beberapa penjelasan dasar tentang isi artikel kali ini , selamat membaca.


Pengertian Atom :
Atom adalah unit dasar dari semua benda yang terdiri dari nukleus (inti atom) dan dikelilingi oleh awan elektron bermuatan negatif. Inti atom terdiri dari proton bermuatan positif dan neutron yang netral (kecuali pada atom hidrogen yang tidak terdapat neutron). Jari-jari atom sekitar 3 – 15 nm.Elektron yang terdapat pada atom terikat dengan inti atom oleh gaya elektromagnetik. Dengan gaya itu pula atom dapat berikatan dengan atom lainnya dan membentuk sebuah molekul. Hingga kini, atom tidak dapat dilihat dengan alat optik manapun termasuk mikroskop.


Partikel dasar atom :
Atom yang mengandung jumlah proton dan elektron yang sama bersifat netral. Sedangkan jika jumlahnya berbeda disebut ion karena bermuatan positif atau negatif. Jika jumlah proton lebih banyak, maka atomnya bermuatan positif. Jika jumlah elektron lebih banyak, maka atomnya bermuatan negatif. Lebih dari 99,9% massa atom berpusat pada inti atom. Atom terdiri dari 3 partikel dasar yaitu:

  1. Proton: partikel bermuatan positif (+1), diameternya hanya 1/3 diameter elektron, tetapi memiliki massa sekitar 1840 kali massa elektron.
  2. Elektron: partikel bermuatan negatif (-1), memiliki massa paling ringan yaitu hanya 1/1840 kali masa proton atau neutron.
  3. Neutron: partikel tidak bermuatan (netral), memiliki massa yang kira-kira sama dengan gabungan massa proton dan elektron.
Sistem Periodik
Sistem periodik unsur merupakan kumpulan unsur-unsur atom yang disusun secara teratur dalam suatu sistem, yaitu tabel periodik. Sistem periodik klasik yang terkenal adalah Triade Dobereiner yang mengungkapkan bahwa apabila ada tiga unsur dengan sifat relatif sama maka massa dari unsur di tengah merupakan rata-rata dari massa unsur kiri dan kanannnya.


Dari penjelasan singkat yang telah saya tuliskan diatas dapat kita tarik sebuah bahan pembahasan dimana saya telah melampirkannya di slide power point di bawah, semoga saja artikel ini bermanfaat bagi kalian.


"Catatan"
Jika anda ingin melihatnya secara maksimal slide ini saya sarankan anda mengakses halaman ini menggunakan komputer dan laptop, atau paling tidak jika anda menggunakan smartphone haruslah smartphone kelas atas,


----Selamat Berdiskusi----




EmoticonEmoticon