Saturday, April 8, 2017

Persentase Penelitian dan Tahapan-Tahapan Dalam Melakukan Penelitian

TAHAPAN-TAHAPAN DALAM MELAKUKAN PENELITIAN
Halo sahabat analis, apa kabar semuanya hehehehe maaf SKSD dulu yah (Sok Kenal Sok Dekat) hehehhe, kan ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang tak sayang maka tak akan dikenal, heheheh tapi semuanya hanya sebagai bahan candaan untuk membuka materi kali ini. 


Nah pada kesempatan ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan singkat yang telah saya terima beberapa waktu yang lalu dari pertemuan mata kuliah saya yang saya hadiri walaupun terlambat (jangan ditiru yah please banget pake deh hahahahhah). Nah tanpa panjang lebar lagi artikel ini saya berikan secara slide di tampilan blog ini tepatnya di akhir artikel ini tapi sebelum kalian membaca atau melihat tampilan slidenya ada baiknya kalian membaca dulu beberapa dasar dalam materi kali ini, berikut ulasanya.


Pengertian Penelitian
Penelitian adalah suatu penyelidikan terorganisasi, atau penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta untuk menentukan sesuatu. Kata penelitian adalah terjemahan dari kata research yang berasal dari bahasa Inggris. Kata Research terdiri dari dua kata yaitu re yang berarti kembali dan to search yang berarti mencari. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian research (penelitian) adalah mencari kembali suatu pengetahuan. Tujuan penelitian adalah untuk mengubah kesimpulan yang telah diterima secara umum, maupun mengubah pendapat-pendapat dengan adanya aplikasi baru pada pendapat tersebut. Suatu penelitian dengan menggunakan metode ilmiah dinamakan sebagai penelitian ilmiah.

Syarat-Syarat Penelitian

  1. Adapun tiga syarat terpenting dalam melakukan penelitian yaitu sebagai berikut... Sistematis, dilaksanakan berdasarkan pola tertentu dari hal yang paling sederhana hingga yang kompleks dengan tatanan yang tepat sampai dengan tercapainya tujuan yang efektif dan efisien. 
  2. Terencana, dilaksanakan karena terdapat unsur kesenjangan dan sebelumnya sudah terkonsep langkah-langkah pelaksanaannya. 
  3. Mengikuti konsep ilmiah, maksudnya adalah mulai dari awal hingga sampai akhir kegiatan penelitian mengikuti langkah-langkah yang sudah ditentukan atau ditetapkan yaitu dengan prinsip yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan.

Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah sebagai berikut..

  1. Eksloratif (penjajagan) adalah penelitian yang tujuan untuk menemukan suatu pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah ada. 
  2. Verifikatif (pengujian) adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk melakukan pengujian terhadap teori ataupun hasil penelitian sebelumnya, sehingga dapat diperoleh hasil yang dapat menggugurkan atau memperkuat teori atau hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. 
  3. Development (pengembangan) adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan, menggali dan memperluas lebih dalam mengenai suatu masalah atau teori kelimuan untuk menjadi 
Dari penjelasan singkat di atas dapat kita tarik sebuah dasar ataupun ilmu tentang penelitian yang mungkin merupakan sebuah dasar pengetahuan yang mampu membuka fikiran anda jika kata penelitian itu tidak lah rumit. Nah di slide power point dibawah saya telah menampilkan beberapa teori pembahasan diantaranya adalah :

  • Perencanaan Penelitian
  • Pelaksanaan Penelitian
  • Penulisan Laporan

Semoga saja kalian dapat menemukan beberapa materi yang bisa kalian jadikan sebagai referensi dalam melengkapi tugas atau memberikan sebuah persentase yang akan membantu kalian untuk keperluan dibidang akademik. Jadi jangan lupa baca artikel lainnya di www.labsmk.com.

----Selamat Berdiskusi----



EmoticonEmoticon