Sunday, April 2, 2017

Pengertian Tumbuhan Xerofit,Hidrofit dan Higrofit

PENGERTIAN TUMBUHAN XEROFIT,HIDROFIT,DAN HIGROFIT
Setelah kita pelajari struktur tubuh tumbuhan , kita dapat mengetahui bahwa tumbuhan memiliki morfologi yang sangat beragam. Keanekaragaman morfologi tumbuhan merupakan salah satu bentuk penyusaian atau adaptasi tumbuhan terhadap lingkungan tempat hidupnya .


Adaptasi dilakukan agar tumbuhan dapat bertahan hidup dan menjaga kelangsungan hidup jenis atau spesiesnya dalam kondisi lingkungan yang berbeda-beda. Berdasarkan bentuk adaptasi morfologi terhadap lingkungan tempat hidupnya , tumbuhan dikelompokkan menjadi tiga jenis, antara lain :



  • Tumbuhan Xerofit
Tumbuhan Xerofit adalah tumbuhan yang hidup dilingkungan kering dan tandus atau didaerah yang sedikit air, seperti gurun pasir. Tumbuhan kelompok ini pada umumnya memiliki ciri diantaranya berdun kecil atau daun yang berbentuk duri . Tumbuhan xerofit juga memiliki batang yang tebal dan dilapisi oleh lapisan lilin, didalam batang tebal tersebut terdapat jaringan penyimpan air . Struktur tubuh tanaman xerofit dirancang untuk mencegah terjadinya penguapan air secara berlebihan dan mampu menyimpan cadangan air bagi tubuh tumbuhan di lingkungan dengan kandungan air yang sedikit . Contoh tumbuhan xerofit adalah kaktus (ferocactus pilosus).


  • Tumbuhan Hidrofit
Tumbuhan Hidrofit adalah tumbuhan yang hidup dilingkungan air dalam waktu yang lama . Tumbuhan ini mengapung dipermukaan air , berdaun lebar dan tipis dengan banyak stomata pada permukaan atas daun, memiliki lapisan kutikula yang tipis dan mudah tembus air. Struktur dan morfologi daun pada tumbuhan hidrofit dirancang untuk mempercepat penguapan sehingga kandungan air dalam sel tidak berlebih. Contoh tumbuhan kelompok ini adalah teratai putih (nhmphea alba) dan eceng gondok (Eichhornia crassipers).



  •  Tumbuhan Higrofit
Tumbuhan Higrofit adalah tumbuhan yang hidup dilingkungan yang basah atau lembab. Mirip seperti tumbuhan hidrofit, tumbuhan ini memiliki daun yang lebar untuk mempercepat penguapan sehingga kandungan air tidak berlebihan didalam sel tubuh tumbuhan. Contoh tumbuhan higrofit adalah keladi (Caladium Bicolor)




Nah itulah pengertian dari tumbuhan xerofit,hidrofit,dan higrofit semoga materi kali ini dapat menjawab pertanyaan anda dan juga berguna untuk melengkapi ilmu kalian.

----Selamat Mencatat----



EmoticonEmoticon