Wednesday, April 12, 2017

Pengertian Titik Beku Pada Suhu Zat Cair

PENGERTIAN TITIK BEKU PADA SUHU ZAT CAIR
Halo sahabat analis diartikel sebelumnya saya juga telah menjelaskan beberapa penjelasan tentang kenaikan titik didih , nah diartikel kali ini saya akan memberikan sedikit wawasan singkat tentang titik beku pada suhu zat cair, semoga saja dapat membantu keperluan akademik kalian , berikut ulasannya.



TITIK BEKU
Titik beku merupakan suhu yang pada suhu tersebut suatu zat cair berubah menjadi padat, sebagai contoh, suhu air. Sama halnya dengan titik didih , titik beku suatu pelarut dalam larutannya juga bergantung pada konsentrasi zat terlarut dan sifat pelarut tersebut. 

Dalam hal ini , keberadaan zat terlarut dalam suatu larutan menyebabkan terjadinya penurunan tekanan uap jenuh pelarutnya larutan tersebut dan hal ini menyebabkan titik didih larutan berkurang.

Besarnya pengurangan titik beku suatu pelarut dalam larutannya tersebut kemudian dikenal sebagai penurunan titik beku. Jika zat terlarutnya merupakan zat non elektrolit, maka penurunan titik bekunya sebanding dengan molalitas larutan (m) yang sesuai dengan persamaan berikut.

rumus penurunan titik beku

Berikut adalah tabel titik beku Kf, beberapa pelarut pada tekanan 1 atm.

PELARUT
TITIK BEKU
Kf(C/m)
Air
0
1,86
Naftalena
80,29
6,94
p-xilena
13,26
4,3
Benzena
5,53
5,12
Karbon Tetraklorida
-22,95
29,8
Kamfer
178,75
37,7
Asam Asetat
16,66
3,9
Sikloheksana
6,54
20
Etanol
-115
1,99
Fenol
40,9
7,4


Nah itulah penjelasan singkat tentang titik beku suatu zat cair yang saya ketahui , mudah-mudahan materi kali ini dapat berguna buat kalian yah..
----Selamat Mencatat-----


EmoticonEmoticon