Friday, April 7, 2017

Pengertian Pati dan Sifatnya

PENGERTIAN PATI DAN SIFATNYA
Halo sahabat analis , bagaimana kabar kalian sehat kan ..? kalau begitu saya ucapkan selamat datang kembali di web sederhana saya www.labsmk.com . oh iyya saya ingin bertanya ke kalian!!!. Pernahkah kalian meminum sirup? atau taukah kalian apa menyebabkan sirup itu manis dilidah kita..?



Nah dari 2 pertanyaan yang saya tanyakan diatas kemungkinan besar kalian dengan mudahnya menjawab pertanyaan pertama, tapi tunggu dulu yah... dipertanyaan kedua mungkin kalian agak ragu-ragu dengan jawaban anda. Naah berikut saya hanya mencoba menjawab pertanyaan saya sendiri, heheheh.. mudah-mudahan jawaban yang saya berikan bisa dicocokkan dengan jawaban kalian yah, berikut ulasannya.

Pengertian Pati :
Pati merupakan senyawa polisakarida yang banyak terdapat dalam tanaman dan merupakan homoplimer glukosa dengan ikatan alpha-glikosidik. 

Sifat-sifat Pati :
Pati ini terdiri dari dua (2) molekul yaitu amilosa dan amilopektin. Apabila senyawa pati dihidrolisa dengan asam encer akan menghasilkan senyawa dekstrin dan glukosa. Sedangkan hidrolisa secara inzomatis akan dihasilkan senyawa glukosa dan bila dibandingkan dengan hidrolisa dengan asam . Maka hidrolisa dengan enzim akan memberikan hasil yang lebih sempurna .


Dengan memperhatikan pengertian pati dan sifat-sifatnya diatas tersebut, maka dicari suatu alternatif merubah senyawa pati menjadi senyawa gula yang dapat memberikan rasa manis dan dapat digunakan sebagai pembuatan sirup. Larutan pati tidak dapat memberikan rasa manis karena molekul pati sangat besar dan tidak dapat merangsang syaraf pemberi rasa dalam lidah. 

Sedangkan bentuk dekstirin, glukosa akan memberikan rasa manis karena molekul-molekul ini lebih kecil sehingga mudah merangsang sel-sel pencicip. Rasa manis ini desebabkan karena adanya gugus-gugus aldehid yang mudah terisonasi dalam larutan. Dengan demikian apabila senyawa pati ini dihidrolisa menjadi molekul yang paling sederhana (glukosa) , akan dapat memberikan rasa manis.


Nah bagaimana sahabat analis tentang jawaban dari pertanyaan saya sendiri, mudah-mudahan tidak kepanjangan dan membuat anda bosan membacanya yah.. dan juga semoga saja artikel ini berguna buat kalian semua dan bisa dijadikan sebuah acuan dalam penetapan pati dalam sebuah sampel minuman .

----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon