Sunday, April 9, 2017

Pengertian Hife dan Jenisnya Dalam Pertumbuhan Jamur

PENGERTIAN HIFE DAN JENISNYA
Pada artikel sebelumnya saya telah memberikan sebuah materi tentang jamur benang dimana dalam artikel tersebut saya menuliskan benang-benang individual dari miselium dinamakan "hife" . Nah pada kesempatan  kali ini saya akan memberikan pengertian tentang apa itu hife dalam pertumbuhan jamur benang, berikut ulasannya.



Pengertian Hife
Hife adalah sel-sel penyusun tubuh jamur makroskopis memanjang membentuk benang. Hife merupakan struktur menyerupai benang yang terdiri dari atas satu atau banyak sel yang dikelilingi dinding berbentuk pipa. Hife ini bercabang-cabang membentuk jaringan yang disebut miselium. Miselium menyusun jalinan-jalinan membentuk tubuh buah. Pada beberapa jenis jamur, hife memiliki sekat-sekat antarsel yang disebut septa.

Fungsi Hife
Fungsi hife adalah untuk menyerap nutrisi dan sebagai alat reproduksi vegetatif (membentuk alat pembiakan vegetatif berupa sporangium dan konidium). Jamur merupakan organisme uniseluler maupun multiseluler umumnya berbentuk hife, hife bercabang-cabang membentuk bangunan seperti anyaman yang disebut miselium. Jenis hife yang membangun tubuh jamur multiseluler ada yang bersekat dan ada yang tidak bersekat (hife coenositik).

Jenis-Jenis Hife
Dalam pertumbuhan jamur ada dua (2) macam hife yaitu :

  1. Hife Fertil. Hife fertil ialah hife yang dapat membentuk sel-sel pembiak atau spora-spora biasanya pertumbuhannya keatas sebagai hife udara.
  2. Hife vegetatif . Hife vegetatif adalah hife yang berfungsi mencari makanan kedalam substrat.

Nah itulah pengertian hife yang saya ketahui baik dalam fungsi dan jenis-jenisnya semoga saja apa yang saya tuliskan ini berguna buat keperluan akademik kalian. 

----Selamat Mencatat----



EmoticonEmoticon