Monday, April 3, 2017

Pengertian Enzim dan Strukturnya

ENZIM
Pada umumnya suatu reaksi kimia melibatkan satu atau lebih substrak untuk menghasilkan suatu produk . Substrat adalah suatu komponen atau bahan yang akan mengalami reaksi kimia menjadi bentuk lain, baik dengan bantuan enzim atau tidak, sedangkan produk adalah suatu komponen atau bahan hasil reaksi kimia yang terbentuk baik dengan bantuan enzim atau tidak.


berdasarkan sifat dan perannya dalam suatu reaksi kimia, enzim dapat didefenisikan sebagai suatu biokatalisator yang akan meningkatkan kecepatan reaksi kimia, tetapi enzim itu sendiri tidak turut mengalami perubahan. Dengan kata lain , enzim adalah suatu katalis yang akan mengubah kecepatan reaksi perubahan substrat menjadi produk, sementara enzim itu sendiri tidak berubah


Dari penjelasan singkat diatas kita telah mengetahui defenisi dari enzim itu sendiri berikutnya adalah struktur dari enzim, berikut pembahasannya.

STRUKTUR ENZIM
Pada umumnya, enzim tersusun dari protein . Protein penyusun enzim dapat berupa protein sederhana atau protein yang terikat pada komponen bukan protein (gugus senyawa kimia lain). Beberapa enzim hanya tersusun oleh protein murni tampa gugus non-protein seperti tripsin. Beberapa enzim memerlukan komponen bukan protein yang dinamakan kofaktor (dapat berupa molekul organik , gugus prostetik, atau ion-ion anorganik) untuk dapat bekerja dan mengkatalisis suatu reaksi . 


Jika komponen tersebut tidak ada , kerja protein yang berberan sebagai enzim akan terhenti. Protein enzim yang memerlukan komponen kofaktor untuk kerjanya dinamakan apoenzim.Dengan kata lain apoenzim adalah bagian protein dari suatu enzim yang dilengkapi komponen bukan protein (kofaktor). Apabila apoenzim tersebut telah mengikat suatu kofaktor dan membentuk suatu enzim yang lengkap maka enzim tersebut dinamakan holoenzim. Jika kofaktor merupakan suatu molekul organik maka dinamakan koenzim.


Nah itu lah beberapa penjelasan singkat tentang enzim dan strukturnya yang bisa anda gunakan sebagai referensi untuk membuat sebuah dasar teori pada pengujian kalian, nah diartikel berikutnya saka akan menjelaskan sedikit tentang mekanisme cara kerja dan sifat enzim.. 

----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon