Friday, April 21, 2017

Manfaat Dan Kerugian Radioaktivitas Dalam Kehidupan Manusia

MANFAAT DAN KERUGIAN RADIOAKTIVITAS
Dalam fisika kita telah mempelajari bahwa salah satu kegunaan atau manfaat radioaktivitas adalah untuk menghasilkan energi yang besar, yaitu dalam suatu reaktor nuklir. Dalam hal ini , reaktor nuklir adalah alat yang dapat menghasulkan energi dalam bentuk kalor dari fisi nuklir. Selain itu, manfaat radioaktivitas juga terdapat pada radioisotop, yaitu bentuk tertentu dari unsur kimia atau isotop yang bersifat radioaktif.


Raduioaktif bermanfaat karena radiasi radioaktif dari suatu radioisotop dapat dideteksi dengan menggunakan alat tertentu , radiasi radioaktif dari suatu radioisotop mempunyai sejumlah energi, dan radiasi radioaktif dari suatu radio isotop dapat mempengaruhi  bahan tertentu atau sebaliknya.


Dalam artikel ini akan mengelompokkan penggunaan radioisotop dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai perunut.

MANFAAT RADIOAKTIVITAS
1.Dalam Bidang Kedokteran

  • 1-131 digunakan untuk mendiaknosa kelenjar tiroid.
  • Sr-85 digunakan untuk mendeteksi penyakit tulang.
  • TI-201 digunakan untuk mendeteksi gangguan jantung.
  • Xe-133 digunakan untuk mendeteksi penyakit paru-paru.
  • Se-75 digunakan untuk mendeteksi penyakit pankreas.
  • P-32 digunakan untuk mendeteksi penyakit mata.

2.Dalam Bidang Hidrologi

  • Na-24 dalam bentuk karbonat digunakan untuk mendeteksi kebocoran pipa air bawah tanah.
  • Na-24 digunakan untuk mempelajari aliran air sungai.
3.Dalam Bidang Ilmu Pengetahuan

  • 1-131 digunakan untuk mempelajari kesetimbangan dinamis.
  • O-18 digunakan untuk mempelajari reaksi esterifikasi.
  • C-14 digunakan untuk mempelajari mekanisme fotosintesis.
Semantara itu , berikut ini adalah radioisotop yang banyak digunakan sebagai sumber radiasi.

1.Dalam Bidang Kedokteran

  • Co-60 digunakan sebagai sumber sinar gamma untuk terapi tumor dan kanker.
  • P-32 digunakan untuk mengobati penyakit leukimia.
  • Co-60 dan Cs-137 digunakan dalam sterilisasi.
2.Dalam Bidang Industri

  • Sinar gamma yang dihasilkan oleh beberapa radioisotop digunakan untuk memeriksa cacat pada logam dan juga digunakan dalam pengawasan kayu serta barang-barang seni.
3.Dalam Bidang Pertanian

  • Radiasi-radiasi yang dihasilkan oleh beberapa radioisotop digunakan untuk membasmi hama dalam pemuliahan tanaman.
KERUGIAN RADIOAKTIVITAS
Selain bermanfaat di berbagai bidang , radioaktivitas juga dapat menghadirkan kerugian atau bahaya. Salah satu kerugian atau bahaya yang disebabkan oleh radioaktivitas adalah radiasinya yang mengenai tubuh dapat mengionisasi jaringan atau sel, sehingga pengaruh dari ionisasi tersebut dapat membahayakan tubuh , Mengapa Demikian??


Ionisasi yang terjadi dalam jaringan atau sel oleh radiasi radioaktif dapat menghasilkan atom-atom atau kelompok atom yang sangat reaktif dengan elektron yang tidak berpasangan yang disebut radikal bebas . Radikal bebas tersebut dapat mengganggu reaksi-reaksi kimia dalam jaringan atau sel. Hal ini karena radikal bebas sangat reaktif dan tidak stabil. Oleh karena itu, radikal bebas berperan dalam terjangkitnya berbagai penyakit, seperti radang sendi,penyakit jantung dan gangguan otak. Jika enzim dalam tubuh manusia tidak dapat mengontrol radikal bebas , maka radikal bebas tersebut dapat menyerang lipid,protein,dan asam nukleat.


Pengaruh biologi dari radiasi radioaktif dipengaruhi oleh dosis radiasi yang mengenai jaringan atau sel. Dalam hal ini, terdapat tiga ukuran dosis untuk menyatakan radiaksi radioaktif, yaitu sebagai berikut.

1.Dosis Radiasi Terserap, 
Dosis radiasi terserap ini merupakan ukuran radiasi radioaktif yang dinyatakan dalam satuan gray (Gy) atau radiation absorbed dose (rad). Gray (Gy) merupakan satuan turunan dalam SI untuk dosis yang diserap dari radiasi yang sama dengan penyerapan satu joule radiasi tiap kilogram jaringan. Sementara itu, rad merupakan satuan yang dulunya digunakan untuk mengukur tingkat radiasi yang diserap oleh suatu jaringan yang sama dengan 0,01 joule tiap kilogram bahan yang teradiasi.

1 Gy = 1 J/kg
1 rad = 0,01 joule/kg

2.Relative Biological Effectiveness (RBE).
Yaitu ukuran kerusakan relatif yang disebabkan pada jaringan hidup oleh radiasi yang berbeda . Contohnya, RBE sinar alfa 20, RBE proton 10, dan RBE sinar gamma1.

3.Roentgen Equivalent Man (REM)
yaitu satuan untuk mengukur jumlah radiasi yang sama dengan pengaruh satu roengen sinar X atau sinar gamma yang dihasilkan pada manusia . Dalam hal ini, roengen adalah satuan radiasi yang sama dengan banyaknya radiasi yang menghasilkan ionisasi yang sama dengan satu muatan elektrostaik pada suhu 0 derajat celcius dan tekanan atmosfer standar

rem = rad x RBE

Nah itulah beberapa manfaat dan kerugian yang sudah saya kelompokkan dalam radioaktivitas semoga saja materi kali ini dapat melengkapi dan membantu keperluan akademik kalian.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon