Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Enzim

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ENZIM
Sebernarnya di artikel sebelumya saya telah menjelaskan pengertian tentang enzim tapi berikut saya menuliskannya kembali agar bisa melengkapi artikel ini


berdasarkan sifat dan perannya dalam suatu reaksi kimia, enzim dapat didefenisikan sebagai suatu biokatalisator yang akan meningkatkan kecepatan reaksi kimia, tetapi enzim itu sendiri tidak turut mengalami perubahan. Dengan kata lain , enzim adalah suatu katalis yang akan mengubah kecepatan reaksi perubahan substrat menjadi produk, sementara enzim itu sendiri tidak berubah

Kerja enzim dipengaruhi oleh beberapa faktor , diantaranya adalah sebagai berikut :

1.pH

Enzim akan bekerja secara optimal jika enzim tersebut berada pada pH yang sesuai. Nilai pH yang menyebabkan enzim bekerja secara optional disebut pH optimum.

2.Temperatur/Suhu

Suhu seperti halnya terhadapa pH, enzim juga akan bekerja secara optional jika berada pada suhu yang terlalu tinggi atau rendah, maka enzim tersebut dapat kehilangan sifat asalnya, sehingga tidak bekerja secara optimal.

3.Konsentrasi Substrat

Konsentrasi substrat, pada batas-batas tertentu, penambahan konsentrasi substrat dapat meningkatkan laju reaksi , tetapi jika penambahan konsentrasi substrat tersebut diteruskan. maka laju reaksi tidak meningkat. Hal ini karena ketika enzim bebas berjumlah cukup banyak, makan penambahan konsentrasi substrat akan mempercepat suatu reaksi , tetapi jika enzim bebas tersebut sedikit, maka penambahan konsentrasi substrat tidak akan mempercepat reaksi.

4.Inhibitor















Inhibitor adalah zat yang menghentikan atau memperlambat reaksi kimia. Enzim dapat dipengaruhi oleh suatu inhibitor. Sebagai contoh asetilkolinesterase yang menghentikan stimulasi saraf dihambat oleh inhibotor yang disebut diisopropilfluorofosfat.

Nah itulah 4 faktor yang mempengaruhi kinerja enzim yang saya ketahui jika artikel ini bermanfaat buat kalian silahkan anda share ke teman-teman social media kalian.
----Selamat Mencatat----

Post a Comment for "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Enzim"