Monday, April 10, 2017

Cara Membuat Logo Favicon Dengan Mudah

CARA MEMBUAT LOGO FAVICON BLOGSPOT
Haloo sahabat analis,, maaf nih yah artikel kali ini nggak membahas seputar laboratorium dikarenakan materi yang saya terima belum cukup untuk membuat artikel baru, tapi jangan khawatir kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial singkat dan pastinya bekerja 100%. Nah yang kali ini saya jadkan tutorial adalah cara membuat favicon. berikut ulasannya..



APA ITU FAVICON???
Favicon adalah sebuah logo yang muncul pada tab baru ketika kita membuka sebuah web ataupun blog, contohnya seperti ini :
Gambar diatas adalah sebuah logo favicon dari sebuah blog ternama diartikel ini (heheheheh menghibur diri sendiri) ok tanpa basa basi lagi saya akan memberikan tutorialnya,

- SIAPKAN APLIKASI
Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah logo contohnya aplikasi bawaan windows yaitu paint, ataukah aplikasi khusus editing seperti produk adobe tepatnya pada aplikasi photoshop namun karena mimin memiliki keterbatasan dalam ilmu photoshop (bukan ndak bisa yah,) maka mimin menyarankan anda untuk menggunakan aplikasi yang paling mudah menurut mimin yaitu Corel Draw terserah kalian mau pake versi yang mana misalnya X3,X4,ataupun X7 atau xxx, hahahah bercanda kok. Disini mimin memilih X7 ,kenapa mimin memilih X7 karen a aplikasi ini terlihat lebih mudah dari photoshop yang kadag-kadang bikin sebal karena cuman 1 kali aja ctrl Z nya kan bisa BT kalau pass ngedit dan bagus-bagusnya ehh malah ada yang salah.. hahahahah (derita editor).

- BERIMAJINASI SESUAI KONTEN PILIHAN
Nah yang paling penting dalam ilmu editor adalah sebuah imajinasi yang indah (ingat bukan imajinasi pikiran jorok yah pasti 100% anda akan buntu) ok sebenarnya untuk memperoleh imajinasi itu sangatlah mudah coba anda serching di om google gabar gambar logo yang keren dan lihatlah semua karya logo-logo orang yang sudah buat pasti anda mungkin akan tertarik menyonteknya. tapi pastikan logo yang anda buat adalah logo yang original seperti logo buatan blog ternama di tulisan ini . 

Nah itu logo yang diatas adalah logo terkeren di blog ini menurut mimin (heheheh menghibur diri sendiri lagi). Baik lanjut ketahap berikutnya.

-MULAI MENGEDIT
Baik para sahabat analis berikut tahapan tahapannya yah :
  • Buka aplikasi corel draw X7 anda (kalau belum punya download di google banyak kok)
  • Kemudian klik new document seperti gambar dibawah ini
  • Setelah mengklik tombol tersebut maka akan muncul gambar seperti ini
  • Ubah pilihan centimeters dengan pilihan pixels, lalu rubah widthnya menjadi 100 px dan heightnya 100 px seperti gambar dibawah


  • Setelah melakukan settingan seperti gambar di atas berikutnya adalah klik OK, maka akan muncul sebuah page size yang merupakan dasar ukuran logo anda sekarang anda bebas membuat logo semampu kalian dengan menggunakan beberapa tool pilihan dibagian sisi kiri layar aplikasi corel draw x7 kalian

  • Perlu diingat patokan untuk membuat favicon anda adalah page sizenya yah berikut contoh logo yang suda saya buat
  • Nah setelah anda selesai membuat blognya sekarang anda tinggal menyimpan gambar tersebut dengan memblok gambar anda caranya dengan menhan tombol mouse kiri sambil menahan dan arahkan sepenuhnya ke gambar anda kemudian tekan ctrl G untuk menyatukan semua gambar. setelah memblok gambar anda berikutnya klik tombol file - Export for - Web




  • Maka anda akan di arah ke tab export for dan tampil gambar seperti ini, Pastingan file hasil logonya adalah format .PNG dan color modenya adalah RGB color (24-bit) setelah itu klik save as pada bagian bawah.
  • Kemudian save filenya di tempat yang mudah anda temukan
  • Selesai deh langkah berikutnya adalah memasangnya di blog kita sendiri
Nah untuk mengetahui cara memasang favicon pada blog anda bisa baca di artikel yang sudah saya buat sebelumnya 



Nah begitulah cara membuat favicon dengan mudah menggunakan aplikasi corel draw X7 yang saya ketahui mudah mudahan bisa mengobati rasa penasaran anda.

----Selamat Mencoba----








EmoticonEmoticon