Monday, April 17, 2017

5 Faktor Yang Mempengaruhi Korosi Besi

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BESI
Pada dasarnya , korosi terutama pada besi dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah oksigen , air dan kelembaban udara,zat elektrolit,permukaan logam dan sel elektrokimia. Untuk lebih memahami faktor-faktor ini, simaklah penjelasan berikut ini



1.OKSIGEN
Oksigen berperan dalam proses korosi. Hal ini telah dijelaskan di atas yaitu pada korosi (perkaratan besi) , oksigen mengalami reduksi pada bagian besi yang bertindak sebagai katoda. Berdasarkan hal ini, maka semakin banyak oksigen di suatu tempat semakin cepat korosi besi (logam) didalamya terjadi.



2.AIR DAN KELEMBABAN UDARA
Seperti halnya oksigen , air juga berperan dalam proses korosi, Semakin sering logam (besi) terkena air ,semakin cepat logam terebut mengalami korosi. Selain itu, keberadaan uap air diudara yang dinyatakan dengan kelembaban juga mempengaruhi korosi besi. Dalam hal ini, udara yang banyak mengandung uap air (udara yang lembab) akan mempercepat korosi.


3.ZAT ELEKTROLIT
Zat-zat elektrolit , terutama zat asam dan garam merupakan zat yang dapat mempercepat korosi logam. Sebagai contoh  hujan yang mengandung asam yang dihasilkan dari hujan asam dapat memicu proses korosi pada beberapa peralatan yang terbuat dari logam dan air laut yang mengandung garam dapat memicu proses korosi pada bagian-bagian perahu atau kapal yang terbuat dari logam.



4.PERMUKAAN LOGAM
Permukaan logam mempengaruhi proses korosi logam tersebut . Logam yang permukaannya rata relatif tahan karat (korosi). Sementara itu , logam yang permukaannya kasar relatif mudah mengalami korosi (berkarat) mengapa demikian??


Secara teoritis, logam yang permukaannya kasar memungkinkan pembentukan kutub-kutub muatan. Kutub-kutub ini dapat bertindak sebagai elektroda (anoda dan katoda), sehingga terjadi reaksi redoks yang menghasilkan korosi, Sebaliknya, hal ini tidak terjadi pada logam yang permukaanya rata.

5.SEL ELEKTROKIMIA
Sel elektrokimia dapat terbentuk ketika dua atau lebih logam yang potensial elektrodanya berbeda bersentuhan satu sama lain. Jika sel elektrokimia tersebut berada di tempat yang relatif lembab, maka logam yang potensial elektrodanya lebih rendah akan lebih mudah mengalami korosi atau akan teroksidasi oleh oksigen dari udara.



Nah itulah 5 faktor yang mampu mempengaruhi korosi (Karat) pada logam yang sering kita jumpai, jika ilmu ini berguna buat kalian silahkan anda sebarkan kesesama teman anda dan mudah-mudahan artikel ini bisa membantu keperluan akademik kalian.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon