Tuesday, April 25, 2017

3 Penyebab Terjadinya Gen Yang Aktif Dan Gen Yang Tidur

PENYEBAB TERJADINYA GEN YANG AKTIF DAN GEN YANG TIDUR
Setiap sel pada suatu tubuh memiliki gen yang sama. Hal tersebut terjadi karena sel tubuh berasal dari suatu sel zigot yang mengalami pembelahan mitosis..Gen-gen yang berada didalam sel kaki kita misalnya, sama dengan gen-gen yang berada didalam usus kita. Sel usus mampu menghasilkan enzim pencernaan, sedangkan sel kaki tidak. Sel pangkreas mampu menghasilkan hormon insulin, sedangkan sel pipi tidak. Mengapa demikian??


Hal tersebut terjadi karena gen pengontrol hormon insulin di pankreas aktif melakukan pengungkapan (ekspresi gen). Artinya, gen itu aktif mengontrol sintesis polipeptisida. Gen pengontrol insulin yang ada di sel kaki dan pipi tidak aktif, alias "tidur".

Faktor penyebab suatu gen aktif atau tidak adalah umur,letak,dan jenis kelamin. Berikut penjelasannnya :

Penyebab Ekspresi Gen

1. Umur












Ada gen yang tidak aktif (tidur) pada waktu masih bayi dan baru aktif setelah dewasa, contohnya pertumbuhan kumis. Sebaliknya , ada pula gen yang aktif pada bayi dan tidak aktif setelah dewasa.

2. Letak












Ada gen yang aktif ditempat tertentu pada tubuh misalnya, gen kumis hanya memunculkan kumis jika berada di atas bibir. Di sel-sel yang lain, meskipun juga mengandung gen kumis, tidak menampakkan ekspresinya.

3.Jenis Kelamin











Gen penghasil kumis pada wanita tidak aktif, sedangkan pada pria aktif. Aktif setidaknya gen pembentuk kumis itu juga dipengaruhi oleh hormon testosteron. Jadi, ada kerja sama antara jenis kelamin dengan pengaruh hormonal


Nah itulah 3 alasan singakat penyebab terjadinya gen yang aktif dan gen yang tidur pada tubuh manusia, semoga saja apa yang saya tuliskan ini dapat membantu anda untuk keperluan akademik kalian. jangan lupa jika artikel ini bermanfaat silahkan anda share ke tema-teman social media kalian.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon