Tuesday, April 18, 2017

3 Cara Mudah Mencegah Korosi Besi

CARA-CARA MENCEGAH KOROSI BESI
Pada dasarnya korosi besi sulit dicegah secara sempurna akan tetapi proses tersebut dapat dihambat dengan beberapa cara . Umumnya terdapat 3 cara untuk mencegah atau menghambat korosi besi, yaitu mencampur (membuat paduan) besi dengan beberapa logam lain , melapisi besi dengan logam aktif dan menutupi besi dengan permukaan yang tidak tembus (impermeabel) sehingga udara dan air tidak mengenainya. berikut penjelasan ten tang 3 cara mudah untuk mencegah terjadinya korosi pada besi :




1. Memadukan Besi Dengan Beberapa Logam Lain
Hasil cara pencampuran logam yang paling terkenal untuk mencegah korosi besi adalah stainless steel. 


Pada stainless steel , krom murni atau campuran krom dengan nikel dicampurkan (dipadukan) dengan besi, sehingga dihasilkan campuran logam yang tahan korosi. Pada dasarnya , campuran logam ini tidak hanya benar-benar tahan karat tetapi bahkan akan tahan terhadap pengaruh zat-zat kimia korosif, seperti asam nitrat pekat.

2. Melapisi Besi Dengan Logam Aktif
Cara pelapisan untuk mencegah korosi besi disebut juga perlindungan katodik. Pada cara ini digunakan logam aktif untuk melapisi besi, sehingga logam tersebut lebih dulu mengalami korosi dai pada besi. Mengapa demikian?? 

Logam aktif yang digunakan untuk mencegah korosi besi dengan cara perlindungan katodik ini merupakan logam yang potensial elektrodanya lebih rendah dari pada potensial elektroda besi, sehingga logam tersebut lebih mudak teroksidasi dari pada besi. Dalam hal ini , logam aktif dan besi membentuk sel elektrokimia , dimana besi bertindak sebagai katoda (mengalami reduksi) dan logam aktif tersebut bertindak sebagai anoda (mengalami oksidasi).


Contoh paling umum dari cara perlindungan katodik adalah galvanisasi yaitu proses yang didalamnya besi dilapisi dengan seng. Dalam larutan korosif, arus listrik dipasang di antara besi dan seng, yang menyebabkan seng larut tetapi melindungi besi selama seng tersisa.

Selain galvanisasi, terdapat cara untuk mencegah korosi besi dengan menggunakan logam aktif. Cara ini sering disebut dengan perlindungan sacrificial (pengorbanan anoda) , yaitu cara untuk mencegah korosi logam dengan menempatkan potongan logam yang secara elektrokimia lebih aktif didekat dan bersentuhan secara elektrik dengan logam yang akan dilindungi. Cara ini banyak digunakan untuk melindungi pipa minyak dan air bawah tanah. Logam yang umum digunakan untuk melindungi besi dengan menggunakan perlindungan sacrificial ini adalah magnesium. Gambar dibawah ini menunjukkan perlindungan sacrificial untuk mencegah korosi logam.

3.Menutupi Besi Dengan Permukaan Impermeabel
Korosi besi dapat dicegah dengan menutupi besi dengan menggunakan satu lapisan atau permukaan yang tidak tembus air dan udara . Untuk menutupi besi kita dapat melakukan beberapa proses, antara lain adalah sebagai berikut :



  • Mengecat besi, sehingga mencegah besi untuk bersentuhan dengan air dan udara.
  • Melumuri besi dengan menggunakan oli atau gemuk (sejenis geil berwarna hitam atau hijau pekat).
  • Membalut besi dengan pelastik.
  • Menyepuh besi dengan menggunakan timah (tin plating)
  • Melakukan pelapisan dengan krom pada besi.

Nah itulah 3 cara mudah untuk mencegah terjadinya korosi pada besi yang telah saya rangkum, jika ilmu ini berguna buat anda silahkan anda share atau simpan untuk keperluan akademik kalian,
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon