Tuesday, March 14, 2017

Pengertian Teknologi Mekanik dan Teknologi Kimia

Hay...!! sahabat analis ketemu lagi nih, di artikel satu ini saya akan memberikan penjelasan tentang apa sih pengertian dari Teknologi Mekanik dan Teknologi Kimia, tapi sebelum kita mengetahui penjelasannya mari kita simak dulu pengertian dari teknologi,


TEKNOLOGI adalah suatu ilmu yang mempelajari semua usaha (operation) untuk mengubah bahan mentah (raw-material) menjadi suatu bahan jadi (finished product), Jadi arti teknologi adalah luas sekali dan diantaranya mencangkup pengetahuan-pengetahuan.

Dari penjelasan diatas dapat kita tarik makna dalam kata teknologi tersebut, berikut penjelasan dari Teknologi Mekanik dan Teknologi kimia :

- Teknologi Mekanik

Teknologi mekanik adalah suatu ilmu yang mempelajari semua usaha (operation) untuk mengubah bahan mentah (raw material) menjadi bahan jadi dengan tidak mengubah sifat-sifat kimia dari pada material tersebut.
Misalnya :

  • Menempa besi
  • Menenun
  • dan lain-lain
- Teknologi Kimia

Teknologi Kimia adalah ilmu yang mempelajari semua usaha (operation) untuk mengubah bahan mentah (raw material) menjadi barang jadi dengan mengubah sifat-sifat kimia dan material.
Misalnya :
  • Kayu diubah menjadi kertas
  • NaCl diubah menjadi NaOH
  • dan lain-lain
Mengingat masih luasnya bidang teknologi kimia maka secara garis besar dapat dibagi menjadi 2 (dua) golongan, yaitu :
  1. Teknologi Kimia Anorganik, yang mempelajari pembuatan bahan-bahan kimia dasar misalya : Asam-asam,Basa-basa,Garam-garam.
  2. Teknologi Kimia Organik, yang mempelajari pembuatan bahan-bahan / barang-barang yang terpakai misalnya, Kertas,Gula,dll.
Pembuatan barang-barang pada umumnya dilakukan menjadi dua macam proses yaitu :
  1. Pelaksanaan Chemis (unit process), yaitu mempelajari proses-proses atau perubahan yang berdasarkan sifat kimianya, misalnya : Pembuatan NaOH dari NaCl.
  2. Pelaksanaan Physis (unit operation). yaitu mempelajari proses-proses atau perubahan yang berdasarkan sifat fisikanya, misalnya : Hasil NaOH kemudian dimurnikan dengan jalan penguapan kemudian diteruskan dengan pengkristalan
Untuk Jelasnya , bagan dari teknologi dapat digambarkan sebagai berikut :


"catatan"
Sebelum mempelajari unit process dan unit operation terlebih dahulu kalian harus tau mengenai Azaz Teknik Kimia . :

"Azaz Teknik Kimia adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar-dasar yang diperlukan dalam bidang teknik kimia"

Nah itulah beberapa penjelasan tentang teknologi mekanik dan teknologi kimia mudah-mudahan materi  singkat ini dapat membantu kalian dalam mengisi lembar jawaban yang kosong, hehehehehehhe,,, :):D:P

JANGAN LUPA BACA JUGA :

Pengertian MIKROBIOLOGI INDUSTRI


EmoticonEmoticon