Thursday, March 23, 2017

Pengertian Tape Dalam Ilmu Mikrobiologi

TAPE
Ragi tape merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kapang yang bersifat amilotik (pemecah pati) dan khamir pembentuk alkohol , dari gula seperti mucor sp dan Rhixopus Oryzae. Fermentasi yang terjadi yaitu perubahan pati menjadi gula oleh ragi pula dirubah menjadi alkohol sehingga dengan demikian ketan menjadi lunak,berair,manis dan berbau alkohol.



Dalam pengertiannya Tape adalah suatu makanan yang dibuat dengan fermentasi dari bahan-bahan yang banyak mengandung pati seperti ketela pohon dan beras ketan dengan rasa manis, agak asam dan mempunyai flavor alkohol. Cara pembuatan tape pada umumnya adalah sebagai berikut :

  1. Singkong atau beras ketan dikukus atau dimasak dengan uap.
  2. Didinginkan.
  3. Diberikan ragi tape dengan perbandingan 1 Kg beras ketan = 3/4 butir ragi.
  4. Simpan dalam wadah yang dilapisi dengan daun pisang selama 2-3 hari pada suhu kamar sekitaran 25 derajat celcius sampai dengan 35 derajat celcius.
Ragi tape yang sering kita temukan di pasaran berbentuk bulatan dengan ukuran jari tengah kurang lebih berdiameter 3 cm dan tebalnya sekitar 0,5 cm. Biasanya ragi tape dibuat dari campuran tepung beras dengan penambahan bahan-bahan atau rempah-rempah seperti bawang putih, jahe,lengkuas,lada,jeruk nipis,gula dan lain-lain. Camputan ini merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kapang yang bersifat amilotik   (pemecah pati) dan khamir pembentuk alkohol, dari gula seperti mucor sp dan Rhizopus Oryzae. Dalam pembuatan tape proses yang terjadi yaitu sebagai berikut :
  1. Kapang merubah pati menjadi gula.
  2. Khamir merubah gula menjadi alkohol.
Walaupun demikian tidak seluruhnya gula dirubah oleh khamir pembentuk alkohol. Kerjasama dari kedua mikroorganisme tersebut akan menghasilkan suatu produk yang lebih lunak,berair,berasa manis dengan flafor alkohol dan mempunyai aroma yang relatif enak. Oleh karena itu kombinasi dari kedua mikroorganisme tersebut mutlak diperlukan dalam proses pembuatan tape. 

"catatan"
Kebersihan dalam pembuatan tape akan tergantung terutama pada mutu "ragi tape" dan cara kerja yang dilakukan

----selamat menulis----


EmoticonEmoticon