Monday, March 13, 2017

Pengertian MIKROBIOLOGI INDUSTRI


MIKROBIOLOGI INDUSTRI
Halo sahabat analis kali ini saya akan memaparkan pengertian tentang mikrobiologi industri yang sering adik-adik smk tanyakan ke berbagai pembimbing di sekolahan berikut penjelasannya.



Mikrobiologi industri merupakan ilmu yang mempelajari tentang peranan jasad renik (mikroorganisme) dalam kehidupan yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. 

Pengertian terhadap faktor-faktor yang utama yang mempengaruhi pertumbuhan mikroorganisme untuk tumbuh sangatlah penting untuk mengendalikan hubungan antar mikroorganisme meliputi suplay oksigen ,suhu,air,pH,dan waktu.

Mikroorganisme ini tersebar luas di alam lingkungan dan sebagai akibatnya produk pangan jarang sekali ada yang steril dan umumnya banyak tercemar oleh berbagai jenis mikroorganisme. Hal ini karena bahan pangan selain sebagai jenis mikroorganisme. Hal ini dikarenakan bahan pangan selain sebagai sumber makanan bagi manusia , juga sebagai sumber makanan bagi pertumbuhan mikroorganisme. Didalam pertumbuhannya pada makanan dapat mengakibatkan berbagai perubahan fisik dan kimiawi yang tidak diinginkan atau yang tidak diharapkan dalam industri (misalnya dalam proses fermentasi ,pembuatan keju,tempe,roti,dan sebagainya.



Dalam penyelidikan tentang suatu spesies mikroorganisme selalu didasarkan atas penyelidikan sifat biakan murni ( biakan yang hanya terdiri dari satu spesies atau satu sel mikroba) dari spesies mikroorganisme tersebut. Dengan demikian didalam penyelidikannya selalu digunakan peralatan steril , demikian jug dengan medium yang digunakan. 

Demikianlah materi singkat yang dapa saya sampaikan mudah-mudahan materi ini berguna buat teman-teman analis indonesia, salam sukses,

----selamat praktikum---

Bagi sahabat analis baca juga artikel :


EmoticonEmoticon