Wednesday, March 15, 2017

Pengertian Media (Medium) pada pengujian mikrobiologi

Media atau yang biasa kita sebut medium adalah suatu bahan yang tersusun atas campuran nutrien yang dipergunakan untuk menumbuhkan mikroba, pengujian sifat fisiologi,untuk isolasi dan memperbanyak jumlah mikroba serta untuk perhitungan jumlah mikroba.


Persyaratan medium agar mikroba dapat tumbuh adalah :

  1. Medium harus mengandung semua nutrisi yang diperlukan mikroba
  2. Medium harus mempunyai tekanan osmose, tegangan muka serta pH yang sesuai
  3. Medium tidak mengandung zat penghambat dan harus steril
Medium diklasifikasikan berdasar susunan kimia , konsistensi dan fungsinya. Medium pertumbuhan untuk masing-masing mikroorganisme berbeda-beda tergantung dari jenis nutrient yang dibutuhkan oleh mikroorganisme tersebut. Misalnya untuk pertumbuhan bakteri dibutuhkan medium nutrient cair atau agar, sedangkan medium unuk pertumbuhan jamur adalah medium taoge baik cair maupun untuk medium pertumbuhan jamur adalah medium taoge baik cair atau agar dan untuk khamir dengan medium wortel irisan maupun medium wortel agar miring.

"catatan"
Medium dibuat dengan mencampur bahan-bahan, menyaring dan mengatur pH, memasukkan media ketempat tertentu misalnya tabung reaksi dan dilanjutkan dengan sterilisasi.

Mengisolasi mikroba berarti memisahkan mikroba tersebut dari lingkungannya di alam dan menumbuhkannya sebagai biakan murni dalam medium buatan. Untuk isolasi perlu diketahui sifat-sifat spesies mikroba yang ingin diisolasi,asal mikroba,cara penanaman,dan pertumbuhan mikroba tersebut pada medium serta syarat-syarat untuk pertumbuhannya.

Untuk penanaman mikroba perlu diperhatikan kebutuhan nutrisi mikroba tersebut serta kebutuhan akan udara / oksigen . Dikenal ada dua cara pertumbuhan yaitu penanaman mikroba aerob dan penanaman mikroba anaerob.

Bagaimana teman teman jika anda punya saran atas artikel singkat saya tulis di koment yah.!!

-----selamat praktek-----

-jangan lupa baca artikel lainnya hanya di www.labsmk.com 


EmoticonEmoticon