Sunday, March 26, 2017

Pengertian Alkana dan Sifat-Sifatnya

ALKANA
Alkana merupakan senyawa hidrokarbon yang seluruh ikatannya tunggal.Sebagai hidrokarbon jenuh, alkana memiliki jumlah atom H yang maksimum. Alkana juga dinamakan parafin (Dari Parum Affinis), karena sukar bereaksi dengan senyawa-senyawa lainnya. 


Kadang-kadang alkana juga disebut sebagai hidrokarbon batas, karena batas kejenuhan atom-atom H telah tercapai.Dalam alkana sendiri terdapat beberapa sifat fisik dan sifat kimia yang terkandung didalamnya yaitu :


Sifat Fisik :

  1. Semua alkana merupakan senyawa non sehingga sukar larut dalam air, Pelarut yang baik untuk alkana adalah pelarut non polar yaitu seperti eter. Jika alkana bercampur dengan air, lapisan alkana akan berada diatas, sebab massa jenisnya lebih kecil.
  2. Pada suhu kamar, empat suku pertama berwujud gas, suku kelima hingga suku ke 16 berwujud cair, dan suku diatasnya berwujud padat.
  3. Semakin banyak atom C, titik didih semakin tinggi.Untuk alkana yang berisomer (jumlah atom C sama banyak), semakin banyak cabang titik didih semakin kecil.

Sifat Kimia :
  1. Pada umumnya alkana sukar bereaksi dengan senyawa lainnya.
  2. Dalam oksigen berlebih ,alkana dapat terbakar menghasilkan kalor, karbondioksida dan uap air.
  3. Jika alkana direaksikan dengan unsur-unsur hidrogen (F2,Cl2,Br2,I2), atom-atom H pada alkana akan digantikan oleh atom-atom halogen.


EmoticonEmoticon