Wednesday, March 29, 2017

Manfaat Gas Bio dan Penyebab Kegagalannya

Gas Bio Dan Penyebab Kegagalannya
Masalah energi di suatu negara sudah sering diungkapkan sejak tahun tujuhh puluhan sampai saat ini dan masalah dipedesaan pun akhir-akhir ini mulai terlihat dengan akibat yang kurang menyenangkan, terutama yang menyangkut perusakan lingkungan hidup. 


Dan kebutuhan energi kita hampir sebagian besar dipenuhi dari minyak atau kayu bakar. Maka untuk memecahkan masalah tersebut ditemukannlah teknologi tentang pembuatan gas bio. Sebelum kita masuk dalam pembuatannya kenali dulu manfaat dari gas bio dan kesukaran atau penyebab gagalnya memproduksi gas bio, berikut penjelasannya :


Manfaat Gas Bio :
Produksi gasnya

  1. Digunakan sebagai bahan bakar, pemanas.
  2. Memasak dengan gas bio mempunyai keuntungan yang lebih baik dari kayu bakar sebab gas bio ini tidak menciptakan asap dan mempunyai panas yang lebih tinggi ketimbang kayu bakar.
Limbah / Luapan Tinja Setelah Diambil Gas Bionya.
  1. Dapat digunakan sebagai pupuk organis yang mempunyai nilai tinggi karena dapat menyuburkan dan mengemburkan tanah pertanian.
  2. Limbah bio gas juga dapat digunakan sebagai media menghasilkan bahan makanan ternak seperti mengembangbiakkan larva,cacing tanah,keong,jamur dan serangga-serangga lain yang bermanfaat untuk ternak.
  3. Bahan cair sisa limbah ini dapat digunakan untuk menghasilkan bahan makanan yang mempunyai nilai tinggi seperti jenis : chroella,spriulina,dan lain-lain (termasuk ganggang bersel tunggal).
Dari manfaat gas bio diatas memanglah sangat banyak dan berguna namun ada beberapa faktor yang kemungkinan menyebabkan kesukaran dalam memproduksi gas bio , berikut penyebabnya :


Penyebab Gagal Terbentuknya Gas Bio
  1. Tidak ada gas bio. Hal ini dapat disebabkan oleh tidak adanya bakteri anaerob, waktu fermentasi belum cukup, campuran kotoran dan air kurang, terjadi kebocoran pada penutup dan terjadi kerak pada fermentasi.
  2. Gas bio tidak dapat dibakar. Hal ini mungkin disebabkan bukan gas bio yang terbentuk, isian terlalu encer atau terlalu kental dan tekanan gas kurang atau saluran pipa kelampu buncen (kompor) tersumbat.

Nah itulah yang saya ketahui tentang manfaat dari gas bio dan faktor penyebab kegagalan terbentuknya gas bio, semoga artikel ini menjadikan referensi buat kalian yang tertarik untuk mengelola gas bio sebagai salah satu sumber penghasilan tambahan atau penggunaan secara pribadi.

----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon