Thursday, March 30, 2017

Komposisi Kimia Dari Biogas dan Perbandingan Dalam Pembuatannya

Komposisi Dari Biogas dan Perbandingan Dalam Pembuatannya
Gas bio atau biasa kita sebut dengan bio gas merubakan energi yang dapat diperoleh dengan jalan mengolah kotoran hewan seperti sapi,kerbau,kambing,babi,dan lain-lain) kedalam suatu tangki yang disebut digester, kemudian kotoran tersebut akan mengalami perubahan kimia. Biogas itu sendiri sebetulnya mengandung beberapa komposisi kimia, berikut komposisinya.



Komposisi Kimia Biogas :

  • Metana (CH) = 54-70%
  • Karbondioksida (CO) = 27-45%
  • Nitrogen (N) = 3-5%
  • Hidrogen (H) = 1-10%
  • Karbonmonooksida = 0,1%
  • Oksigen (O) = 0,1%
  • Hidrogen Sulfida (H S) = sedikit sekali

Dari komposisi tersebut hanya gas metana yang dapat dipergunakan sebagai bahan bakar karena nilai kalorinya tinggi yaitu berkisar antara 4800-6700 kcla/m. Banyaknya gas yang dihasilkan sangatlah tergantung pada banyaknya tinja yang digunakan oleh karena itu untuk menaksir banyaknya tinja yang akan dipakai langkah pertama adalah : 
  1. Menghitung jumlah kotoran yang akan dipakai (sapi,kerbau,kambing,dan lain-lain) apabila memiliki kotoran hewan lebih dari satu jenis, janganlah itu diampur menjadi satu . 
  2. Banyaknya volume air yang dicampurkan biasanya 1:2 atau 1:1,5.
Dalam rangka memenuhi kebutuhan menghasilkan biogas, kotoran hewan yang telah diencerkan ini difermentasikan dalam tangki khusus yang disebut DIGESSTER. Dalam digester ini akan terjadi perombakan terhadap komponen penyusun kotoran hewan dengan bantuan bakteri yang diberikan dari stater (media yang mengandung bakteri yang siap ditumbuhkan dalam media baru), sehingga mampu menghasilkan gas metana.


Nah dari penjelasan singkat tentang Komposisi Dari Biogas dan Perbandingan Dalam Pembuatannya kita sudah sangat jelas mengetahui aspek-aspek yang harus kita lakukan sebelum mengolah kotoran menjadi bio gas, di artikel berikutnya saya akan menjelaskan tentang cara melakukan pembuatan biogas secara sederhana.

----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon