Tuesday, March 14, 2017

Kenapa Cawan Petri Harus Dibalik Sebelum Masuk Ke Incubator

Haii sahabat analis, kali ini saya mendapatkan pertanyaan dari siswa www.labsmk.com tentang :

 "Kenapa Cawan Petri Yang Berisikan Media Harus Dibalik Sebelum Masuk Kedalam Incubator" 

Mhnnnnn....!!!! ini adalah pertanyaan yang sangat menarik sebelum saya menjawab ada baiknya kalian membaca fungsi dari inkubator dan cawan petri :


Incubator adalah alat laboratorium yang digunakan sebagai tempat inkubasi. Inkubasi merupakan suatu  teknik perlakuan bagi mikroorganisme yang diinokulasikan pada madia (padat atau cair), kemudian di simpan pada inkubator dengan suhu tertentu agar dapat terlihat pertumbuhannya.

Cawan Petri atau telepa Petri adalah sebuah wadah yang bentuknya bundar dan terbuat dari plastik atau kaca yang digunakan untuk membiakkan sel. Cawan Petri biasa digunakan pada pengujian mikrobiologi pada dasarnya alat ini berisi media agar yang merupakan makanan bagi mikroba yang ingin dikembang biakan , umur rata-rata biakan yang di tumbuhkan ialah 3 - 5 hari

yah setelah membaca fungsi dari incubator dan cawan petri kita sudah mengetahui beberapa prinsip yang mendasar pada pertanyaan kali ini , berikut jawaban dari pertanyannya :

"Kenapa Cawan Petri Media Harus Dibalik Sebelum Masuk Ke Incubator"

Perlu kita ketahui bahwa madia atau medium yang telah kita buat mengandung agar dimana agar yang digunakan merupakan campuran aquades (air). Pada saat pengujian yang menggunakan agar contohnya pengujian ALT dan AKK kedua pengujian ini menggunakan alat cawan petri untuk menampung media tersebut . Setelah melakukan penuangan media , media tersebut didiamkan hingga padat ini menandakan bahwa kandungan agar dan air yang ada pada media itu sudah stabil atau dengan kata lain berhasil dan mulailah disini kita memasukkan media kedalam incubator dengan posisi terbailk berikut alasannya :

  1. Menghindari terjadinya penguapan air yang terkandung didalam media sehingga tidak menciptakan embun pada tutup cawan petri yang berakibat fatal jika embun tersebut jatuh mengenai agar dan membuat agar tersebut menjadi cair (tidak padat)
  2. Membantu pertumbuhan mikroorganisme
  3. Meratakan panas secara menyeluruh
  4. Membantu dalam perhitungan jumlah koloni mikroorganisme yang terkandung pada sampel
  5. Memudahkan dalam melakukan identifikasi
Dari kelima (5) alasan tersebutlah yang mampu membantu anda dalam pengujian mikrobiologi

"catatan"
Air merupakan senyawa yang mudah menguap ketika terjadinya proses pemanasan 

Bagaimana sahabat analis mudah-mudahan artikel ini membantu meringani rasa penasaran kalian terhadap alasan dari mengapa cawan petri harus dibalik yah. semoga membantu...

jangan lupa kunjungi www.labsmk.com 


EmoticonEmoticon