Thursday, March 30, 2017

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Bio Gas

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Bio Gas
Sumber daya alam dengan pertimbangan ekonomis sangatlah diperlukan dalam kondisi yang demikian. Salah satu sumber energi yang saat ini sekarang belum dimanfaatkan sebaik-baiknya adalah limbah pertanian, limbah industri, kotoran ternak maupun manusia dalam bentuk gas bio. 


Peran pembuatan gas bio dari kotoran ternak . Bila kelak dilaksanakan dengan baik terutama di daerah pedesaan , akan menolong pengadaan bahan bakar dan kaitannya yang lain adalah terkumpulnya pupuk organik, membantu kesehatan manusia, masyarakat, kesehatan lingkungan dan memungkinkan memajukan peternakan rakyat.


Namun dalam pengolahan gas bio pun ada beberapa faktor yang mampu mempengaruhi produksi dari gas bio itu sendiri, berikut faktor-faktor nya :

  1. Bahan Baku. Untuk pembentukan gas bio (metan) dibutuhkan unsur karbon (unsur ini didapat dari sampah,kotoran hewan,dan limbah pertanian). Unsur N diperlukan oleh bakteri anaerob dalam pembentukan sel. Perbandingan uncur C dan N yang baik adalah 30. Dengan demikian kotoran kuda dan babi akan menghasilkan gas bio yang lebih banyak dari pada kotoran sapi karena perbandingan C/N nya lebih tinggi.
  2. Derajat Keasaman. Pada umumnya pH cairan menunjukan kondisi asam (pH 6) atau lebih rendah. Tetapi setelah 2-3 minggu akan terjadi kenaikan pH akibat perkembangan bakteri pembentuk metan. Sedangkan pH optimal untuk berlangsungnya proses ini berkisar antara pH 6,8-8.
  3. Temperatur Digester. Temperatur untuk dapat berlangsungnya proses digester (fermentasi) adalah berkisar 36 derajat celcius. Sehingga tangki digester ini perlu ditempatkan dilokasi yang mendapat sinar matahari. Jika temperatur terlalu rendah , bakteri tidak mampu berkembang biak dengan baik. Demikian sebaliknya jika temperatur terlalu tinggi akan menyebabkan bakteri menjadi mati.
  4. Pengadukan. Pengadukan setiap hari sangat diperlukan dengan maksud untuk menghindari adanya pengendapan ataupun terjadinya pengerakan pada cairan tinja.

Nah inilah beberapa faktor yang mampu mempengaruhi produksi bio gas tersebut, jika kalian sedang dalam tahap pembuatan gas bio tolong anda segera memahami isi dari artikel ini dan terapkan pada praktek kalian semoga artikel ini bermanfaat..

----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon