Monday, February 27, 2017

MAKALAH KOMPUTER DAN APLIKASINYA

MAKALAH
KOMPUTER DAN APLIKASINYA

Diajukan sebagai tugas mata kuliah
Sistem Dasar Komputer






DISUSUN OLEH :
NAMA / STAMBUK
WAHYUDDIN ACHMAD / 16 021 014 006
RAHAYU NENGSIH TRIBOWO / 16 021 014 049
M. ARIF ARIFIN RAIS / 15 021 014 073

FAKULTAS TEKNIK 
UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR
MAKASSAR
2016 



KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr.Wb
            Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah senantiasa melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya dalam menyelesaikan makalah ini, sehingga kami bisa menyelesaikannya tepat pada waktunya. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Dasar Sistem  Komputer tentang Komputer dan Aplikasinya. Begitu pentingnya komputer dalam kehidupan pada zaman sekarang ini, hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak terlepas dari teknologi khususnya komputer. Dalam segala bidang saat ini telah membutuhkan yang namanya komputer, seperti halnya pada dunia pendidikan, kesehatan, dan ekonomi atau niaga. Hal itulah yang menunjukan begitu pentingnya komputer dalam kehidupan kita. Oleh karena itu dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai komputer, kebutuhan akan komputer dan aplikasinya. 
Selaku penulis, kami menyadari bahwa dalam makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu kami membutuhkan kritik dan saran untuk menyempurnakan pembuatan makalah selanjutnya. Kami berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi semua yang membacanya, khususnya dibidang pendidikan komputer. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. 
Wassalamualaikum Wr.Wb
Makassar,   08 November 2016

Penulis


DAFTAR ISI

Kata Pengantar  
Daftar isi
Bab I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
Bab II PEMBAHASAN
A. Mengapa Komputer
B. Revolusi Komputer
C. Kebutuhan akan Komputer
D. Pengertian Komputer
E. Hubungan TIK dengan Komputer
F. Aplikasi Komputer
Bab III PENUTUP
A. Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Komputer sering kali di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari baik di gunakan untuk meringankan pekerjaan, sebagai hiburan maupun untuk bekerja. Komputer merupakan sebuah penemuan revolusioner dan besar yang memberikan banyak retribusi bagi kehidupan manusia. Tak seorangpun yang tidak tahu akan hal yang satu ini. Suatu piranti yang sering, selalu, bahkan hampir semua orang menggunakannya saat ini. Tidak pandang bulu, komputer mau bersahabat dengan siapa saja. Siswa, guru, mahasiswa, direktur, presiden, siapapun orangnya yang pasti mereka adalah pengguna komputer yang sadar akan pentingnya komputer bagi kehidupan mereka, sehingga mereka menggunakan komputer sebagai alat bantu multi manfaat yang sangat penting. Karena perkembangan teknologi yang semakin maju maka dapat mengoperasikan sebuah komputer merupakan salah satu tuntutan yang wajib untuk kita agar nantinya kita tidak gaptek dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

B. Rumusan Masalah
1. Mengapa Komputer?
2. Bagaimana Revolusi Komputer?
3. Bagaimanakah Kebutuhan Komputer bagi Kehidupan?
4. Apakah pengertian dari Komputer?
5. Apakah Hubungan TIK dengan Komputer?
6. Apa saja Aplikasi Komputer?



C. TUJUAN
1. Untuk mengetahui mengapa harus komputer
2. Untuk mengetahui revolusi komputer
3. Untuk mengetahui kebutuhan akan komputer
4. Untuk mengetahui pengertian komputer
5. Untuk mengetahui hubungan TIK dengan komputer
6. Untuk mengetahui aplikasi-aplikasi komputer

BAB II
PEMBAHASAN
A. MENGAPA KOMPUTER
Komputer adalah perangkat elektronik yang digunakan dalam hampir setiap bidang bahkan mana yang paling tak terduga. Itulah sebabnya usia ini disebut sebagai era TI. Dan sekarang kita tidak bisa membayangkan dunia tanpa komputer. Hal ini terdiri dari dua hal satu adalah hardware dan lainnya adalah perangkat lunak. Semua komponen fisik dari komputer seperti keyboard, mouse, dll memantau berada di bawah hardware sedangkan semua program dan bahasa yang digunakan oleh komputer disebut software. Hari-hari ini komputer merupakan alat untuk tidak hanya insinyur dan ilmuwan, tetapi juga mereka sedang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.
Komputer telah menjadi sangat penting saat ini karena sangat akurat, cepat dan dapat menyelesaikan banyak tugas yang mudah. Jika tidak untuk menyelesaikan tugas-tugas secara manual lebih banyak waktu yang diperlukan. Hal ini dapat melakukan perhitungan yang sangat besar hanya dalam sepersekian detik. Selain itu dapat menyimpan sejumlah besar data di dalamnya. Kami juga mendapatkan informasi mengenai aspek-aspek yang berbeda menggunakan internet di komputer kita.
Dalam komputer sembilan belas pertengahan hanya digunakan oleh pemerintah dan militer karena pada saat itu menggunakan komputer adalah tugas yang rumit. Ketika mikroprosesor ditemukan komputer semakin kecil dalam ukuran tetapi setelah DOS dan unix menjadi sangat mudah bagi orang untuk menggunakan komputer. 



Komputer di berbagai bidang : 
- BANK
Hampir setiap bank yang menggunakan komputer untuk menyimpan catatan dari semua transaksi uang dan perhitungan lainnya. Selain itu menyediakan kecepatan, kenyamanan dan keamanan.

- KOMUNIKASI
Komunikasi merupakan aspek penting dari komputer dan telah menjadi sangat mudah melalui internet dan email. Komputer berkomunikasi menggunakan saluran telepon dan modem. Melalui email kita dapat mengirim pesan kepada siapa saja di bagian manapun di dunia hanya dalam beberapa saat kedua jika kita menulis surat maka akan mencapai dalam beberapa hari. Jadi internet telah membuat bumi sebuah desa global dan di atas semua menghemat waktu. Hal ini tidak akan mungkin tanpa komputer. Internet membantu untuk mencari informasi tentang setiap topik. Ini adalah cara termudah dan tercepat penelitian. Jaringan komputer membuat pengguna mampu mengakses program remote dan database organisasi yang sama atau berbeda.

- BISNIS
Komputer kini telah menjadi bagian integral dari kehidupan perusahaan. Mereka dapat melakukan transaksi bisnis yang sangat mudah dan akurat dan menjaga catatan dari semua keuntungan dan kerugian. Komputer saat ini dapat ditemukan di setiap toko, supermarket, restoran, kantor dll software khusus yang digunakan dalam komputer untuk menghitung tagihan besar dalam hitungan detik. Satu dapat membeli dan menjual barang secara online, tagihan dan pajak dapat dibayar secara online dan juga dapat memprediksi masa depan bisnis menggunakan software kecerdasan buatan. Ini juga memainkan peran yang sangat penting dalam pasar saham.

- MEDIS ILMU
Penyakit dapat dengan mudah didiagnosis dengan bantuan komputer dan juga dapat mengetahui tentang penyembuhannya. Banyak mesin menggunakan komputer yang memungkinkan dokter untuk melihat organ-organ yang berbeda dari tubuh kita seperti paru-paru, dll, jantung ginjal Ada software khusus yang membantu dokter selama operasi.

- PENDIDIKAN
Komputer saat ini telah menjadi bagian penting dari pendidikan seseorang karena kita menggunakan komputer di segala bidang dan tanpa pengetahuan komputer kita tidak bisa mendapatkan pekerjaan dan kinerja yang baik di dalamnya. Jadi komputer dapat mengamankan baik prospek pekerjaan. Pengetahuan tentang komputer adalah keharusan saat ini.

- MEDIA
Hampir setiap jenis editing dan audio-visual komposisi dapat dibuat dengan menggunakan software khusus terutama dibuat untuk tujuan ini. Beberapa perangkat lunak bahkan dapat membuat tiga angka dimensi yang sebagian besar digunakan dalam film-film kartun. Efek khusus untuk tindakan dan film fiksi ilmiah juga dibuat di komputer.

- TRAVEL DAN TIKET
Komputer melakukan semua pekerjaan pesawat dan reservasi kereta. Ini menunjukkan data untuk kursi kosong dan pendiam dan juga menyimpan catatan untuk reservasi.

- CUACA PREDIKSI
Prediksi cuaca juga dimungkinkan oleh para ahli menggunakan superkomputer.

- SPORTS
Hal ini juga digunakan untuk keputusan Wasit Pertandingan. Banyak kali wasit harus pergi untuk keputusan wasit ketiga di mana rekaman terlihat lagi pada komputer dan akhirnya sampai ke keputusan akurat dan adil. Software simulasi memungkinkan olahragawan untuk berlatih dan meningkatkan keterampilan.

- HARIAN HIDUP
Kami mengoperasikan mesin cuci, oven microwave, dan banyak produk lainnya menggunakan perangkat lunak. Selain itu kita dapat menyimpan semua informasi tentang pekerjaan penting kami, jadwal janji dan daftar kontak.
Jadi kita dapat mengatakan bahwa komputer saat ini memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan kita. Sekarang adalah waktu ketika kita tidak bisa membayangkan dunia tanpa komputer. Dan teknologi ini maju baik dalam industri dan rumah. Hal ini telah menjadi penting bagi setiap orang untuk memiliki pengetahuan dasar tentang komputer. Kalau tidak, dia tidak bisa mendapatkan pekerjaan sebagai komputer telah menyerang hampir semua bidang

B. REVOLUSI KOMPUTER
1. Perkembangan komputer generasi pertama (1940 -1959).
Pada generasi ini awal mulanya tercipta komputer adalah akibat adanya perang dunia ke-2. dimana pada saat itu ilmuwan yang berasal dari jeman yang bernama Konrad Zuse, menciptakan sebuah komputer yang diberi nama dengan "K3" yang didesain khusus untuk membuat pesawat dan peluru kendali yang ada pada pesawat tersebut. dan tidak lama kemudian ilmuwan yang berasal dari inggris juga membuat sebuah komputer yang didesain khusus untuk memecahkan kode-kode sandi dari tentara jerman sehingga membuat sekutu menjadi menang akan jerman, dan komputer ini disebut dengan Colossus.
Komputer Generasi Pertama menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dancapacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt. Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Sudah berbentuk digital, namun belum menggunakan kode biner sebagai prosesnya. Digunakan untuk memecahkan rangkaian lengkap tentang masalah komputasi. Diprogram menggunakan plugboard dan switch, yang sudah mendukung input dan output dari IBM card.

Adapun Ciri-ciri komputer generasi pertama, yakni :
a. Menggunakan vacum tube ( Tabung Hampa Udara) sehingga komputer generasi pertama ini memiliki ukuran yang sangat besar
b. Menggunakan bahasa mesin sehingga kecepatan kerjanya sangat lambat dan memiliki memori yang sangat kecil.
c. Untuk menjalankannya membutuhkan panas yang sangat tinggi.
d. Kemampuan ENIAC hanya dapat melaksanakan 300 operasi perkalian tiap detik.
e. Program hanya dapat di buat dengan bahasa mesin
f. Menggunakan konsep stored program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.
g. Prosesnya kurang cepat
h. Membutuhkan daya listrik yang besar
i. Orientasinya lebih utama pada aplikasi bisnis

Selain itu, Adapun kelebihan dan kekurangan komputer generasi pertama, yakni :
Kelebihan :
a. Dapat menghitung data dalam hitungan milidetik
b. Mempunyai vacuum tube yang memungkinkan komputer modern dibuat
Kekurangan :
a. Ukurannya sangat besar
b. Mengkonsumsi sangat banyak energi
c. Cepat panas karena terdapat ribuan vacuum tubes
d. Belum dapat diandalkan untuk melakukan pekerjaan berat
e. Memerlukan AC
f. Pemeliharaan yang rumit
g. Biaya produksi yang mahal
h. Penggunaanya yang masih terbatas
i. Lambat dalam bekerja
j. Kemampuan pemrograman terbatas
k. Bahasa mesin terbatas
l. Kapasitas penyimpanan data sangat kurang
m. Tidak fleksibel dan sulit untuk dipindahkan

2. Komputer generasi kedua (1959-1965).
Adapun Ciri-ciri komputer generasi kedua, yakni :
a. Komponen yang dipergunakan adalah transistor untuk sirkuitnya
b. Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi
c. Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan dari magnetic core storage, dapat menyimpan puluhan ribu karakter
d. Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack
e. Pengolahan data sedikit lebih cepat dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
f. Kebutuhan panasnya tidak terlalu tinggi.
g. Ukuran fisiknya lebih kecil dari ukuran komputer generasi pertama.
h. Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi per-detik
i. Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis, tetapi juga ke aplikasi teknik
j. Mempunyai kemampuan Proses real time dan time sharing

Selain itu, terdapat juga kelebihan dan kekurangan komputer generasi kedua, yakni :
Kelebihan :
a. Lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
b. Komputer lebih handal
c. Menggunakan sedikit energi sehingga tidak membuat komputer terlalu panas
d. Penggunaan komersial yang lebih luas
e. Portabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan komputer generasi pertama
f. Kecepatan yang lebih baik dan bisa menghitung data dalam mikrodetik
g. Menggunakan peripheral lebih cepat seperti tape drive, disk magnetik, printer, dll
h. Akurasi meningkat

Kekurangan :
a. Sistem pendingin yang masih diperlukan
b. Perawatan konstan yang sangat diperlukan
c. Produksi komersial yang sulit
d. Hanya digunakan untuk tujuan tertentu
e. Mahal dan tidak fleksibel
f. Kartu Puch digunakan untuk input

3. Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)
Adapun Ciri-ciri komputer generasi ketiga, yakni :
a. Komponen yang dipergunakan adalah IC dan Menggunakan MIC (Monolotic Itered Circuit)
b. Peningkatan dari Sofwarenya
c. Memiliki memori lebih besar dari generasi kedua 
d. Memiliki kecepatan yang lebih besar dan lebih tepat
e. Memiliki ukuran fisik yang lebih kecil dari generasi kedua 
f. Menggunakan penyimpanan luar yang sifatnya random access
g. Penggunaan listrik lebih hemat
h. Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber yang berbeda pendapat pada waktu yang bersamaan dan multiprogramming, yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.
i. Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar-gambar dan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta megnetik yaitu MICR reader.
j. Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya. 

Selain itu, adapun kelebihan dan kekurangan komputer generasi ketiga, yakni :
Kelebihan :
a. Lebih kecil dibandingkan dengan generasi sebelumnya
b. Lebih handal
c. Energi yang diperlukan lebih sedikit
d. Menghasilkan sedikit panas dan jauh lebih seidkit dibandingkan dengan komputer sebelumnya
e. Kecepatan yang lebih baik dan bisa menghitung data dalam nanodetik
f. Kipas sudah digunakan untuk pembuangan panas untuk mencegah kerusakan
g. Biaya pemeliharaan rendah karena kegagalan hardware yang jarang sekali terjadi
h. Bertujuan untuk penggunaan secara umum
i. Dapat digunakan untuk bahasa tingkat tinggi
j. Kapasitas dan sistem penyimpanan yang baik
k. Serbaguna
l. lebih murah
m. Akurasi yang lebih baik
n. Produksi komersial meningkat
o. Mouse dan keyboard sudah mulai digunakan

Kekurangan :
a. Memerlukan AC
b. Membutuhkan Teknologi yang sangat canggih untuk pembuatan chip IC
4. Komputer Generasi Keempat (sejak tahun 1970)

Adapun ciri-ciri komputer generasi keempat, yakni :
a. Menggunakan MOS (Methal Oxcide Semi Conductor)
b. Menggunakan memori yang sangat besar
c. Memiliki kecepatan dalam mengolah data
d. Ukurannya menjadi sangat kecil

Dengan perkembangannya yang semakin canggih, maka sampai saat ini telah banyak dirasakan manfaatnya dalam berbagai bidang kehidupan, seperti berikut ini:
a. Robot dan otomasi industri
b. Otomasi perkantoran 
c. Telekomunikasi
d. Sistem keuangan elektronik
e. Komputer pribadi
f. Sistem informasi ke rumah
g. Surat elektronik dan konferensi jarak jauh
h. Kecerdasar buatan. 

. Selain itu, adapun kelebihan dan kekurangan komputer generasi keempat, yakni :
Kelebihan :
a. Lebih kuat dan dapat diandalkan dibandingkan generasi sebelumnya
b. Ukuran yang jauh lebih kecil
c. Kekuatan pemrosesan yang cepat dengan konsumsi daya yang lebih kecil
d. Menggunakan kipas untuk pemakaian dan menjaga suhu komputer itu sendiri
e. Tidak memerlukan AC
f. Benar-benar untuk tujuan umum
g. Produksi komersial
h. Tidak terlalu membutuhkan perbaikan secara rutin
i. Termurah di antara semua generasi
j. Semua jenis bahasa tingkat tinggi dapat digunakan dalam komputer


Kekurangan:
a. Teknologi yang sangat canggih dan terbaru diperlukan untuk pembuatan Mikroprosesor


5. Komputer generasi kelima 
Adapun ciri-ciri komputer generasi kelima, yakni :
a. Komponen yang digunakan adalah VSLI (Very Large Scale Integration).
b. Komputer pada generasi ini akan dikembangkan komputer yang dapat menerjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia dan mendiagnosa penyakit.
c. Kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann.
d. Teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
e. Teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memroses miliaran operasi perdetik.

C. KEBUTUHAN AKAN KOMPUTER
Komputer merupakan sebuah penemuan revolusioner dan besar yang memberikan banyak retribusi bagi kehidupan manusia. Tak seorangpun yang tidak tahu akan hal yang satu ini. Suatu piranti yang sering, selalu, bahkan hampir semua orang menggunakannya saat ini. Tidak pandang bulu, komputer mau bersahabat dengan siapa saja. Siswa, guru, mahasiswa, direktur, presiden, siapapun orangnya yang pasti mereka adalah pengguna komputer yang sadar akan pentingnya komputer bagi kehidupan mereka, sehingga mereka menggunakan komputer sebagai alat bantu multi manfaat yang sangat penting. 

Banyak sekali kegunaan komputer yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Bidang Transportasi, Bidang Komunikasi, Bidang Jasa Konstruksi, Bidang Industri Perfilman, Bidang Industri Rekaman, Bidang Pertahanan dan Keamanan. Oleh karena itu, tak dapat dipungkiri lagi bahwa Komputer telah menjadi bagian dari hidup seluruh umat manusia. Semua pekerjaan menjadi lebih cepat, 
mudah dan praktis karena adanya media yang satu ini. 

Bukan hanya menghemat waktu dan tenaga, komputer saat ini juga telah membantu menciptakan berbagai lapangan pekerjaaan. Dengan kata lain, komputer juga berperan serta dalam membantu masyarakat mengurangi jumlah pengangguran. Lapangan pekerjaan yang menggunakan media komputer juga tersedia banyak sekali, diantaranya pengetikan, penerjemahan, cetak foto, pengeprintan, percetakan, dan masih banyak lagi lapangan pekerjaan yang memanfaatkan teknologi ini. Oleh karena itu, marilah kita menggunakan, mengaplikasikan, dan memanfaatkan kelebihan-kelebihan komputer sebagai suatu sarana atau media yang dapat membantu kita dalam segala hal dan bidang yang positif. 

Di zaman globalisasi sekarang ini, komputer menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Dengan komputer pula kita bisa dapat mengakses informasi baik dari dalam maupun luar negeri. Telah banyak pula sosial network di internet yang dapat kita gunakan sebagai penghubung kita dengan orang- orang di luar negeri sana. Facebook, MSN, Twitter, Yahoo Messenger, dan masih banyak lagi sosial networking lainnya yang dapat membantu kita terhubung dengan orang-orang dibelahan bumi manapun. Selain mendapatkan banyak informasi, media tersebut juga dapat digunakan sebagai pembelajaran dan sarana penghilang stress saat kita mempunyai banyak beban pikiran.

Ada beberapa alasan mengapa ilmu tentang komputer perlu dipelajari :
a. Komputer sudah merambah hampir diseluruh lapisan dunia kerja bahkan masyarakat biasa.
b. Komputer membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan produktif
c. Komputer membuat kita terhubung dengan dunia luar. 
d. Komputer merupakan lahan pekerjaan, dan lain-lain.

Ada beberapa alasan mengapa komputer digunakan, yaitu :
a. Kecepatan
Kecepatan komputer dalam hal kalkulasi dan pengolahan data membuat banyak pekerjaan dapat selesai lebih cepat juga, misalnya : perhitungan bunga bank, antrian di kasir, perhitungan pajak dan lain-lain.

b. Keakuratan
Kemungkinan kesalahan yang dilakukan oleh komputer mendekati 0%. Kalaupun terjadi kesalahan itu biasanya disebabkan karna human error / kesalahan pengoperasian atau kesalahan program yang dijalankan. Dengan demikian bila segala sesuatu dijalankan sesuai dengan prosedur yang benar maka komputer menjadi sangat akurat.

c. Ketahanan
Sebagaimana mesin-mesin lainnya, komputer umumnya dapat bekerja 24 jam sehari dengan tidak mempengaruhi tingkat keakuratannya dan pada komputer dengan spesifikasi yang bagus kecepatannya juga
tidak akan berkurang walau dijalankan berhari-hari.

d. Kemampuan
Penyimpanan dimulai dari loom cards, media penyimpanan di komputer telah mengalami revolusinya sendiri hingga mampu memiliki kapasitas penyimpanan hingga Terabyte. Komputer di pasaran di pertengahan tahun 2009 pada umumnya dijual dengan kapasitas hard disk > 200Gb.

e. MultiTasking
Melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dengan komputer kita dapat melakukan beberapa pekerjaan
sekaligus, misalnya : mencetak laporan ke printer sambil mem’bakar’ datanya ke CD dengan diiringi musik.

f. Kemampuan Multimedia (Hiburan)
Komputer masa kini dapat dilengkapi dengan berbagai alat
multimedia yang dapat memberikan hiburan, misalnya : Speaker, TV Tunner, Mic, DVDRom, dan lain-lain. Adanya perlengkapan ini membuat komputer tidak hanya dapat digunakan untuk bekerja tetapi juga menjadi alat hiburan yang lengkap dan canggih.

D. PENGERTIAN KOMPUTER
komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

E. TEKNOLOGI INFORMASI  DAN HUBUNGANNYA
1. Pengertian Teknologi informasi dan komunikasi
Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik. Kata kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi, erat kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di antara keduanya. Jadi dapat di simpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer.

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

2. Pengaruh TIK dan Komputer
Di era globalisasi dengan dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi, informasi dalam bentuk apapun dan untuk berbagai kepentingan, dapat di sebarluaskan dengan mudah sehingga dapat dengan cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup hingga budaya suatu bangsa. Semakin canggih dukungan teknologi maka semakin canggih pula arus informasi dapat dilahirkan dengan jangkauan dan dampak global. Namun pengaruh dengan globalisasi dengan dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan negatif.
PengaruhPositif

Pengaruh positif  yang  dapat dirasakan dengan adanya TIK adalah peningkatan kecepatan, ketepatan,akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai bidang khususnya dalam masalah waktu,  tenaga dan biaya. Misalnya saja dalam mencari referensi atau sumber dari berbagai macam penjuru dunia juga semakin cepat di  dapatkan. Untuk kegiatan surat menyurat juga berkembang dengan adanya teknologi contohnya seperti email, dengan adanya email seseorang dapat mengirim surat dengan mudah serta efektif.
PengaruhNegatif

Pengaruh negatif yang bias muncul karena adanya TIK, misalnya dari globalisasi aspek sosial, semakin maju perkembangan TIK maka semakin pula banyak media-media sosial yang bermunculan contohnya seperti facebook, twitter, instagram, path, tumblr, dan yang lainnya yang dapat memudahkan kita dalam berbagi informasi serta berita-berita yang tak hanya dalam negeri tetapi juga diluar negeri. Tetapi terkadang banyak oknum yang menyalahgunakan hal ini, misalnya untuk menyindir atau menjelek-jelekan seseorang lewat akun media social tersebut yang akhirnya merugikan serta mencemarkan nama baik korban dari oknum tersebut.

3. Hubungan TIK Dan Komputer
TIK memiliki kemampuan untuk mendistribusikan  informasi secara cepat, dari satu tempat ke tempat yang lain yang berjauhan, tentu saja memberikan manfaat yang sangat berarti dalam  kehidupan manusia. Berikut ini dijelaskan manfaat penerapan TIK.


a. Kemudahan Berkomunkasi
Dengan buatan TIK, setiap orang dapat berkomunikasi dengan cepat, murah dan efisien. Orang bisa menggunakan komunikasi tidak langsung seperti surat elektronis, komunikasi langsung melalui chatting, ataupun bertatap muka secara elektronis melalui videokonferensi.

b. Dukungan Pembelajaran
Banyak program komputer yang ditujukan untuk mempermudah orang dalam mempelajari ilmu pengetahuan maupun bahasa asing. dengan dukungan multimedia, ilmu-ilmu yang sering dianggap sulit dapat disajikan dalam bentuk atau cara yang membuat orang senang mempelajarinya. Sesuatu materi juga dapat dipelajari dengan komputer tanpa harus menginstal program karena program ditauh pada penyedia dan kita cukup mengunjungi situs webnya.

c. Globalisasi
Dengan hadirnya TIK, orang-orang yang tersebar di dunia bisa saling bertukar informasi atau berinteraksi dengan cepat dan effisien, tidak tergantung pada lokasi mereka ataupun perbedaan bahasa yang mereka gunakan sehari-hari. Seorang siswa yang tinggal di daerah yang terpencil bisa mengambil informasi atau memperoleh pengetahuan yang sebenarnya terletak ribuan atau ratusan ribu kilometer darinya.

d. Penghematan Biaya
Pebisnis dapat menggunakan TIK untuk menjalankan bisnis dengan harapan dapat melakukan penghematan biaya sehingga bisa menjual produk dengan lebih mudah dan meningkatkan kompetisi dengan pesaing. Berbagai perusahaan bisa saling bekerja sama untuk bertukar informasi secara otomatis sehingga tidak perlu melibatkan orang lain secara khusus. Mesin otomatis dapat bekerja menggantikan peran manusia sehingga produksei menjadi lebih mudah dan kualitas seragam bisa diperoleh.

Apabila dikaitkan dengan hubungan antara computer dengan TIK adalah bahwa komputer merupakan hasil dari pengembangan teknologi komunikasi dan informasi yang mampu mempermudah semua pekerjaan manusia. Jadi dapat diartikan bahwa komputer merupakan suatu perantara dalam mempermudah pencarian informasi dan pemberian informasi atau biasa disebut dengan komunikasi. Model pemberian informasi bisa berupa presentasi, atau bisa juga menggunakan web atau internet.

F. APLIKASI KOMPUTER
1. Pengertian aplikasi komputer
Aplikasi komputer merupakan suatu perangkat lunak komputer yang memiliki fungsi tertentu sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh si pembuat aplikasi (programer). Aplikasi komputer biasanya diciptakan untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan suatu tugas didalam sebuah komputer, seperti untuk mengolah data maupun untuk keperluan editing.
Dijaman yang serba canggih ini peran komputer dalam kehidupan sehari-hari dapat kita jumpai dalam berbagai bidang, misal untuk keperluan bisnis, pendidikan maupun untuk hiburan. Dengan hadirnya beberapa aplikasi komputer tersebut semua orang bisa bekerja dengan mudah dan menghemat waktu. Berikut ini merupakan beberapa contoh aplikasi komputer yang biasa kita jumpai atau bahkan kita gunakan saat bekerja dengan komputer.


Aplikasi internet 
Berupa layanan aplikasi yang memudahkan aktivitas kita di internet seperti Email, Google, Mozilla Firefox, Google Chrome, Yahoo Messenger .

Aplikasi grafis
Aplikasi yang berfungsi untuk membuat desain maupun editing gambar dan foto. Contoh CorelDraw, Paint dan Adobe Photoshop 

Aplikasi programming
Perangkat lunak khusus membuat software atau program tertentu. Contoh Visual Basic, Delphi 7

Aplikasi perkantoran
Aplikasi komputer yang berguna menyediakan layanan pekerjaan kantor. Contoh Microsoft Office (MC.Word, MC. Excel, MC. Power Point dll)

Aplikasi multimedia
Biasanya digunakan untuk mendukung dan menggabungkan sebuah informasi, teks, video, dan audio. Contoh Winamp, AIMP3, Windows Media Player, Sound Recorder, dan Windows Movie Maker.

Aplikasi games
Aplikasi berupa permainan yang ada didalam komputer. Contoh Solitaire, Spider solitaire.



BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. 
Adapun komponen komputer adalah meliputi : 
Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan 
Printer (sebagai pelengkap).dan pada pengembangannya computer tercipta melalui beberapa generasi hingga layak untuk digunakan sehari-hari





EmoticonEmoticon