Monday, January 30, 2017

FUNGSI CORONG KACA

Corong Kaca
Secara umum alat ini terbagi menjadi dua jenis yaitu corong yang menggunakan karet atau plastik dan corong yang menggunakan gelas. Bagian dari corong terdiri dari mulut dan batang corong.

Corong Gelas juga memiliki ukuran dari terkecil hingga terbesar Panjangnya sesuai dengan diameter atas corong, ukuran diameter 50, 75, 100, 150, dan 200 mm. sehingga dalam prakteknya dapat dengan mudah memasukkan cairan ke dalam wadah yang digunakan untuk praktek.


Cara Menggunakan Corong Gelas

Cara menggunakan corong gelas sangatlah mudah hanya dengan mengambil corong sesuai ukuruan wadah yang digunakan agar air tidak melimpah. Kemudian tuangkan larutan dengan hati-hati kemudian angkat corong perlahan. Kekurang hati-hatian dalam menggunakan corong akan mengakibatkan corong pecah atau retak yang dapat menyebabkan larutan melimpah sehingga corong harus diganti.


Fungsi Corong Gelas

  1. Sebagai alat bantu untuk memindah / memasukkan larutan ke wadah / tempat yang mempunyaai dimensi pemasukkan sampel bahan kecil.
  2. Sebagai alat bantu dalam melakukan penyaringan, yaitu sebagai tempat meletakkan kertas saring 
  3. Corong digunakan untuk memasukan atau memindah larutan air satu tempat ke tempat lain dan digunakan pula untuk proses penyaringan setelah diberi kertas saring pada bagian atas.
  4. Untuk menyaring campuran kimia dengan gravitasi.


EmoticonEmoticon